Berita

Lima Bulan Menjabat, Kapoltabes Samarinda Diganti

27 November 2008
Diposting oleh: Ir. Ismono
Sumber:

Lima Bulan Menjabat, Kapoltabes Samarinda Diganti SAMARINDA - Jabatan Kapoltabes Samarinda, Kombes Pol Nasib Simbolon, berakhir. Ia ditarik ke Mabes Polri. Selanjutnya Simbolon menempati posisi baru sebagai analis utama Trans National Crime Center (TNCC) Mabes Polri, khusus menangani kejahatan trans nasional. Posisi Simbolon akan diganti Kombes Pol A Kamil Razak yang semula menjabat sebagai Kabag Umum Biro Perencanaan dan Administrasi (Renmin) Mabes Polri. Pergantian itu tertuang dalam Telegram No 570/XI/2008 yang dikeluarkan Mabes Polri, 21 November 2008.Tidak seperti pejabat lainnya, pergantian Simbolon tergolong cepat jika dibandingkan pergantian pejabat setingkat yang rata-rata diganti setelah satu tahun bertugas. Sedangkan ia baru menjabat lima bulan lalu.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Wayan Tjatra menjelaskan, pergantian Simbolon adalah mutasi biasa. "Ini mutasi biasa dalam tubuh Polri, sebagai penyegaran saja," katanya,  Rabu (25/11).

Ketika ditanya mengapa mutasi dilakukan begitu cepat, Wayan menjelaskan mutasi ini sudah seharusnya dilakukan mengingat pangkat Simbolon sudah senior. "Dia itu pangkatnya Kombes senior, jadi memang sudah seharusnya dimutasi ke jabatan lain setingkat dia," ujarnya.

Mabes Polri juga mengganti Kapolres Kutai Timur (Kutim) AKBP Unggul Sedyantoro. Mutasi dilakukan bersamaan dengan jabatan Kapoltabes Samarinda. Unggul akan digantikan AKBP Faisyal yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Pengamanan Obyek Vital (Obvit) Polda Kaltim.

Unggul juga ditarik ke Mabes Polri dengan jabatan sebagai staf Organisasi Tata Laksana Perencanaan dan Pengembangan (Ortala Renbang). Pelantikannya berlangsung Kamis (27/11) siang di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltim. "Sedangkan Kapoltabes Samarinda belum dijadwalkan, tapi dalam waktu dekat ini telegramnya sudah keluar," kata Wayan.

Wakadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Sulistyo menyebutkan, ada 78 perwira menengah di Indonesia yang mengalami mutasi jabatan. Mutasi itu dilakukan dalam rangka promosi, persiapan pensiun dan pengukuhan satuan wilayah baru yang telah dikukuhkan (defenitif). "Ini mutasi biasa," katanya. (bdu)


Mutasi di Polda Kaltim
Nama                                    Jabatan Semula                                          Jabatan Baru

Nasib Simbolon           Kapoltabes Samarinda                  Analis Utama TNCC Mabes
A Kamil Razak            Kabag Umum Renmin Mabes         Kapoltabes Samarinda
Unggul Sedyantoro      Kapolres Kutim                            Staf Ortala Renbang Mabes

(Dikutip SKH Tribun Kaltim)