Berita Terbaru

RSS

Perbaiki Transportasi, Misi Hemat Anggaran

27 Februari 2015

Transportasi melalui sungai pada dasarnya merupakan angkutan murah karena sungai, merupakan prasarana yang telah tersedia secara alami. Lain halnya dengan transportasi jalan harus menyediakan infrastruktur melalui pembangunan jalan. Transportasi sungai perlu evaluasi dan kajian sehingga diketahui penyebab perubahan masyarakat ke moda transportasi jalan raya. Pada dasarnya, masyarakat dalam memilih moda transportasi akan mempertimbangkan kecepatan dan tiba dengan selamat sampai tujuan, di samping faktor kenyamanan moda transportasi tersebut.

98 Persen Penduduk Dapat Air Bersih

27 Februari 2015

SAMARINDA – Kalau saja beroperasi, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bendang II, di Lok Bahu, Sungai Kunjang, bisa memenuhi permintaan air bersih sebanyak 98 persen dari penduduk Kota Tepian, yang kini berada di angka 900 ribuan jiwa. Sayang, enam tahun ditunggu, IPA Bendang II belum juga berguna. Padahal, anggaran Rp 41 miliar telah dihabiskan.Direktur Teknik PDAM Tirta Kencana Samarinda Said Abdul Hamid yang dikonfirmasi kemarin (19/2), mengatakan IPA Bendang II berkapasitas 400 liter per detik. “Saat ini, PDAM mampu melayani 91 persen warga Samarinda. Itu tanpa IPA Bendang II,” katanya.

Lebarkan Jalan, Geser Trotoar

25 Februari 2015

SAMARINDA – Pemkot Samarinda mengusung target merehabilitas sejumlah trotoar di sejumlah titik. Selain untuk memperindah kota, trotoar juga dipindah untuk memperlebar jalan.Kasi Pemeliharaan Jalan, Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda, Joko Karyono menuturkan, terdapat 14 paket untuk merehabilitasi trotoar di Kota Tepian. Anggarannya Rp 3 miliar dari APBD Samarinda 2015. Masing-masing paket, bernilai senilai sekitar Rp 200 juta.

Rp 42 M untuk Lima Jembatan

25 Februari 2015

SAMARINDA – Tahun ini, Pemkot Samarinda berencana membangun dan merehabilitasi lima jembatan di sejumlah wilayah. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 42 miliar.Anggaran itu masuk dalam pos Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda. Pemkot juga memperoleh bantuan dari Pemprov Kaltim dalam bentuk subsidi. Namun nilainya cuma Rp 1 miliar. Kasi Peningkatan Jembatan, DBMP Samarinda, Eko Restu menjelaskan, jembatan yang dibangun seperti di Jalan Suka Damai, Gang Teratai, Sungai Kunjang (belakang kantor DPRD Kaltim). Jembatan kayu sepanjang 60 meter akan diganti dengan anggaran Rp 1 miliar

Pemkot Tunggu Pemprov

24 Februari 2015

RENCANA Pemprov Kaltim membangun jalan layang (flyover) di jalur Jalan Awang Long dan Jalan Bhayangkara boleh saja mengagetkan sejumlah pihak. Tapi bagi Pemkot Samarinda, rencana tersebut bukan hal baru. Dalam proyek jangka panjang pemkot, ancang-ancang membangun flyover di jalur tersebut memang sudah masuk draf pembangunan.Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samarinda Sugeng Chairuddin. Dalam bincang dengan Kaltim Post, kemarin (19/2), ia mengatakan untuk mematangkan rencana tersebut, Pemkot tinggal menunggu koordinasi lebih lanjut dengan Pemprov.

INFRASTRUKTUR

23 Februari 2015

TERCATAT ada 14 paket utama untuk delapan jalan dalam program pemeliharaan jalan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda, untuk 2015. Namun untuk merealisasikannya, harus menunggu dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Meski demikian, setidaknya sudah diketahui gambaran teknis di lapangan.Untuk per paket, senilai Rp 200 juta. Masing-masing paket itu, kata Kasi Pemeliharaan jalan DBMP Samarinda Joko Karyono, mendapat jatah 70 meter kubik beton. Pada tiap jalan di Samarinda yang masuk paket pemeliharaan jalan, umumnya akan memiliki ketebalan 20 sentimeter.

Bikin Pasar Rp 105 M di Suryanata

23 Februari 2015

SAMARINDA – Satu lagi pasar semimodern akan hadir di Kota Tepian. Lokasinya di Jalan Pangeran Suryanata, Samarinda Ulu. Anggaran yang dihabiskan mencapai Rp 105 miliar dan bersumber dari APBD Kaltim. "Selain pasar di Makroman dan di Jalan Sultan Sulaiman, Sambutan, kami membangun pasar percontohan di Jalan Pangeran Suryanata. Dua pasar itu sudah selesai dan tinggal serah terima. Saat ini, pasar di Suryanata sedang dalam pematangan," terang Kasubbag Perencanaan, Dinas Pasar Samarinda Ibrahim Nambung, belum lama ini.

Perlu Rp 60 M, Tersedia Rp 5 M

23 Februari 2015

SAMARINDA – Walau Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Kencana Samarinda di Selili, Samarinda Ilir, nantinya dipindah ke Kelurahan Sungai Kapih, Sambutan, tak lantas membuat air mengalir lancar ke rumah penduduk. Kendala utama, IPA Sungai Kapih membutuhkan suntikan dana tambahan senilai Rp 55 miliar. Maklum, yang tersedia saat ini baru Rp 5 miliar.

Flyover Jalan Terus

23 Februari 2015

KENDATI diprotes berbagai kalangan, namun tidak menyurutkan niat Pemprov Kaltim membangun flyover (jalan layang) dari Jalan Awang Long (Kantor Pos)-Jalan Bhayangkara (eks Lamin Indah, rencana lokasi Trans Studio). Rencana tersebut akan terus jalan. Hal itu diisyaratkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak selepas menemui rombongan Komite IV DPD RI di Kantor Gubernur Kaltim, pekan lalu.

Palaran Akan Bangun Monumen Transmigrasi

20 Februari 2015

SAMARINDA. Pesatnya pembangunan di Palaran saat ini, tak terlepas upaya para transmigrasi kawasan itu sejak puluhan tahun lalu. Itu sebabnya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Palaran, berencana membangun monumen transmigrasi.Dikonfirmasi Sapos, Senin (16/2) kemarin, Ketua LPM Palaran, Rudi Aris menjelaskan, hal itu dilakukan dengan beberapa alasan. Salah satunya karena Palaran menjadi lokasi transmigrasi pertama di Kaltim pada 1953. “Tanpa adanya program transmigrasi, mungkin Palaran tidak seramai ini sekarang. Atas dasar itulah, kami mengapresiasi transmigran melalui sebuah monumen,” kata Rudi.