Berita Terbaru

RSS

Nilai Ekspor Kaltim Naik 7,82 Persen

02 November 2011

Nilai Ekspor Kaltim Naik 7,82 Persen SAMARINDA - Perkembangan ekspor Kaltim pada Agustus sebagaimana yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim menunjukan kenaikan 7,82 persen dibanding dengan nilai ekspor Juli 2011 dengan nilai mencapai 3,49 miliar USD. Hal itu disampaikan Kepala BPS Kaltim, H Johny Anwar dalam rilis bulanan tentang inflasi Kaltim yang berlangsung di aula Kantor BPS Samarinda.Menurut dia, ekspor minyak dan gas (Migas) pada Agustus 2011 mencapai 1,84 miliar USD atau naik 14,23 persen dibanding nilai ekspor pada Juli 2011. Sedangkan nilai ekspor barang-barang non Migas pada Agustus mencapai 1,65 miliar USD atau naik 1,48 persen dibanding dengan bulan sebelumnya 2011.

Pembangunan Kesehatan Kaltim Menunjukkan Hasil Signifikan

02 November 2011

Pembangunan Kesehatan Kaltim Menunjukkan Hasil Signifikan SAMARINDA - Pencapian pembangunan bidang kesehatan selama ini sudah menunjukkan hasil yang signifikan . Hal tersebut berdampak pada membaiknya sumber daya manusia (SDM) yang diindikasikan oleh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tentunya sesuai visi dan misi yang berpihak pada pembangunan kesehatan. Indikasi membaiknya layanan bidang kesehatan, adalah angka kematian ibu melahirkan terus menurun dari 302 per 100.000 kelahiran hidup pada 2004 menjadi 110 per 100.000 kelahiran hidup pada 2009."Perhitungan sementara tercatat pada periode 2010 telah mencapai 101 per 100.000 kelahiran hidup.

Kaltim Butuhkan 10 Ribu Tenaga Kerja Bidang Pertanian

02 November 2011

Kaltim Butuhkan 10 Ribu Tenaga Kerja Bidang Pertanian SAMARINDA - Kaltim masih memerlukan tenaga kerja bidang pertanian, perkebunan dan perikanan yang berasal dari program transmigrasi untuk memenuhi target minimal 8.000 tenaga kerja dalam lima tahun mendatang.Demikian dijelaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi Kaltim, H Ichwansyah, yang ditemui disela-sela Workshop Peningkatan Kapasitas Pejabat Eselon II di Lamin Etam."Bahkan Tenaga kerja yang dibutuhkan Kaltim bisa lebih besar, yakni mencapai 10 ribu orang untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk proyek Food Estate di Bulungan dan Rice Estate yang tersebar di beberapa kabupaten seluas 200 ribu hektare," ujarnya.

Gubernur Kaltim: Rumah Sakit Jangan Pernah Menolak Pasien!

02 November 2011

Gubernur Kaltim: Rumah Sakit Jangan Pernah Menolak Pasien! SAMARINDA, - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengingatkan manajemen semua rumah sakit di Provinsi Kaltim baik milik daerah maupun swasta, agara jangan menolak pasien manapun yang meminta pelayanan kesehatan. Pasalnya menurutnya, Rumah Sakit adalah adalah bertujuan memberikan pelayanan kesehatan, atau menyehatkan masyarakat. "Saya minta semua rumah sakit jangan sekali-sekali menolak pasien yang meminta berobat, itu tidak boleh. Kita harus melayani siapapun, dan apalagi pasien itu dalam kondisi yang sangat kritis butuh mendapatkan pelayanan kesehatan. Sekali lagi saya tekankan, jangan sampai terjadi menolak itu," kata Awang, Selasa (1/11/2011) ketika memberikan sambutan dalam acara peresmian gedung baru Paviliun Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda.

Kota Samarinda Mengalami Deflasi 0,75 Persen

02 November 2011

Kota Samarinda Mengalami Deflasi 0,75 Persen SAMARINDA,- Jika dirinci menurut kota, pada bulan Oktober 2011, kota Samarinda dan Balikpapan mengalami deflasi masing-masing sebesar 0,75 persen. Sedangkan Tarakan mengalami inflasi sebesar 0,63 persen. Dengan demikian, inflasi tahun kalender 2011 (Januari - Oktober) untuk ketiga kota ini yaitu Samarinda telah mencapai 5,66 persen, Balikpapan 6,49 persen dan Tarakan 3,95 persen. Sedangkan inflasi year on year untuk ketiga kota tersebut yaitu Samarinda mencapai 6,99 persen, Balikpapan 7,21 persen dan Tarakan 6,34 persen.

BPPTSP Samarinda Buka Layanan Perizinan di Seberang

02 November 2011

BPPTSP Samarinda Buka Layanan Perizinan di Seberang SAMARINDA, - Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda membuka loket pelayanan perizinan di Kecamatan Samarinda Seberang, khusus untuk pelayanan warga Samarinda Seberang, Loa Janan Ilir dan Palaran terhitung mulai 1 November. Kepala BPPTSP Sopyan Supriyadi mengatakan, pembukaan loket baru ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam upaya pendekatan pelayanan pada masyarakat dalam memberikan izin, "Ini sesuai arahan Walikota yang menginginkan adanya kemudahan kepada semua warga dalam mengurus perizinan. Apalagi di tiga kecamatan ini sedang gencar pertumbuhan dunia usahanya," kata Sopyan, Selasa (1/11).

Kaltim Dukung Pemeriksaan Berbasis Elektronik

01 November 2011

Kaltim Dukung Pemeriksaan Berbasis Elektronik SAMARINDA - Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak, menegaskan dukungan terhadap program pemeriksaan berbasis elektronik (e-audit), terkait soal pengelolaan keuangan negara, dengan harapan pemeriksaan akan berjalan lebih baik."Kewajiban bagi Pemprov Kaltim dan pemerintah kabupaten kota untuk mendukung program ini," kata Awang Faroek pada Peresmian Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Kaltim, di Samarinda.Awang merasa senang dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara BPK dengan Pemprov Kaltim serta kabupaten kota se Kaltim tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Ubah Anggapan Sulit , Pelajaran Eksakta di Sekolah

01 November 2011

Ubah Anggapan Sulit , Pelajaran Eksakta di Sekolah SAMARINDA - Anggapan bahwa pelajaran eksakta itu sulit, kerap menghantui siswa hingga tak banyak yang menekuni bidang ini. Padahal, eksakta sangat diperlukan dalam perkembangan dunia teknologi. Ternyata anggapan itu muncul dipicu faktor kemampuan guru yang minim ketika menyampaikan pelajaran. Padahal banyak cara yang dapat dilakukan pendidik untuk mengubah paradigma tersebut. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim Musyahrim kepada Kaltim Post kemarin. Ia mengungkapkan, guru saat ini masih lemah dalam menyampaikan pelajaran di bidang Sains. Padahal, banyak hal menarik yang dapat membuat para siswa merasa nyaman bahkan penasaran ketika mendalami dunia Saintis.

Gubernur Kaltim: Proyek Jalan Tol Tidak Perlu Dievaluasi

01 November 2011

Gubernur Kaltim: Proyek Jalan Tol Tidak Perlu Dievaluasi SAMARINDA, - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menilai, tak ada yang perlu dievaluasi dari proyek jalan tol ruas ruas Balikpapan-Samarinda, sebab hingga saat ini megaproyek senilai Rp 6,2 triliun itu terus berjalan tanpa hambatan. "Gak perlu, kan kita jalan terus. Sekarang apanya yang mau dievaluasi? Kita jalan terus toh. Intinya percayakanlah semua urusan kepada pemerintah, karena itu adalah memang domainnya pemerintah, terutama yang menyangkut persoalan perizinan. Dan saya harus katakan lagi, saya optimis semua itu akan disetujui," kata Awang, Senin (31/10/2011) yang ditemui usai menghadiri acara peresmian kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Kaltim.

Kemkeu: Pertumbuhan Akhir Tahun Capai 6,5 Persen

01 November 2011

Kemkeu: Pertumbuhan Akhir Tahun Capai 6,5 Persen JAKARTA, - Pelaksana tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro memprediksi pertumbuhan ekonomi pada 2011 akan mencapai 6,5 persen. "Pertumbuhan ekonomi selama tahun 2011 diperkirakan sebesar 6,5 persen, dan barangkali kita bisa ke 6,6 persen," ujarnya dalam pemaparan di Jakarta, Senin (31/10/2011). Bambang menambahkan, target tersebut dapat tercapai karena fundamental ekonomi Indonesia dalam keadaan baik dengan laju inflasi terjaga pada angka 4,9 persen. Selain itu, menurut dia, pertumbuhan ekonomi 2012 dapat mencapai 6,7 persen mempertimbangkan membaiknya daya beli masyarakat seiring terjaganya laju inflasi, serta peningkatan sarana infrastruktur dan kapasitas industri nasional.