Berita Terbaru

RSS

Target Kaltim Terang 2013

28 Oktober 2011

Target Kaltim Terang 2013 SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim terus berupaya menyelesaikan masalah krisis energi dan mengurangi ketimpangan antara ketersediaan dengan kebutuhan listrik bagi masyarakat di daerah ini. Hal tersebut terus diwujudkan untuk mencapai target "Kaltim Terang", yang ditargetkan bisa terwujud paling lambat pada 2013, sehingga tidak ada lagi pemadaman bergilir di seluruh wilayah Kaltim.Demikan disampaikan Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wadjdy saat melepas Petugas Pengganti kWh Meter Tua, dalam rangkaian Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-66 Provinsi Kaltim, di Samarinda."Kita bersyukur Kaltim mendapat jatah 18.640 unit alat kWh baru untuk mengganti kWh yang meter tua dan berumur lebih dari 20 tahun," ujarnya.

Jalan Rusak Tersisa 25 Persen

28 Oktober 2011

Jalan Rusak Tersisa 25 Persen SAMARINDA - Pekerjaan Rumah (PR) Pemkot Samarinda untuk menangani kondisi jalan masih rusak saat ini terisa 25 persen. Kegiatan tersebut akan dilanjutkan pada 2012. Demikian dikemukakan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda Dadang Airlangga kepada Koran Kaltim siang kemarin. "Kita belum bisa menyampaikan perkiraan alokasi dana APBD 2012 untuk menyelesaikan perbaikan jalan rusak masih tersisa 25 persen. Sebab jika kami sampaikan dan ternyata hasilnya tak sesuai diusulkan maka dikhawatirkan informasi saya akan ditagih masyarakat. Karena itu lebih baik menunggu saja perhitungan dari Bappeda atau Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)," paparnya.

Rp 15 Miliar untuk Jalan Lingkungan

28 Oktober 2011

Rp 15 Miliar untuk Jalan Lingkungan KUCURAN dana pembangunan dan peningkatan jalan lingkungan serta drainase Samarinda, ternyata cukup besar. Pada 2011 ini Dinas Cipta Karya dan Tata Kota (Disciptakot) Samarinda mendapat jatah Rp 15 miliar untuk proyek tersebut. Dan tahun 2012 masih harus diusulkan lagi dengan jumlah yang sama. Data ini sesuai laporan Disciptakot ke Komisi III DPRD Samarinda pada hearing tertutup Rabu (26/10) siang. Menurut Sekretaris Komisi III Mursyid AR, komisinya akan mengecek kembali rincian usulan itu. “Jangan sampai yang sudah diusulkan, tercantum lagi di usulan tahun depan,” terangnya.

Awang: Bontang Paling Berhasil

27 Oktober 2011

Awang: Bontang Paling Berhasil BONTANG - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan Kota Bontang adalah daerah pemekaran yang paling berhasil, keberhasilan itu bisa dilihat dengan pembangunan di segala bidang. Salah satunya gedung Graha Taman Praja (GTP) yang menjadi kantor bersama instansi di lingkungan Pemkot Bontang yang patut dibanggakan."Terwujudnya gedung ini, tentunya membanggakan kita semua karena dirintis sejak lama dan direncanakan dengan baik. Saya atas nama Pemprov Kaltim mengucapkan selamat atas penggunaan Gedung Graha Taman Praja sebagai pusat pemerintahan Kota Bontang," kata Gubernur Awang Faroek, saat meresmikan Gedung GTP, di Bontang.

PKL Niaga Selatan Dapat Tenggang Waktu Lagi

27 Oktober 2011

PKL Niaga Selatan Dapat Tenggang Waktu Lagi SAMARINDA,- Pemerintah Kota Samarinda kembali memberikan waktu 30 hari kepada pedagang kaki lima (PKL) Niaga Selatan terhitung sejak tanggal 25 Oktober 2011 untuk mengambil surat penyataan jaminan akan mendapat kesempatan pertama untuk menempati Citra Niaga yang baru bila sudah selesai direnovasi nantinya. "Dalam 1 minggu kedepan Pemerintah kota menyiapkan surat pernyataan yang menjamin PKL mendapatkan kesempatan pertama untuk kembali ke Citra Niaga yang baru apabila sudah selesai di renovasi, perluas atau diperbaiki.

Pemkot Perlu Dana Rp59 M

27 Oktober 2011

Pemkot Perlu Dana Rp59 M SAMARINDA - Pemkot melalui Bagian Perkotaan Setkot Samarinda masih memerlukan dana Rp59 miliar untuk sejumlah kegiatan pembebasan lahan dan bangunan pada 2012. Data dihimpun media ini kegiatan pembebasan lahan direncanakan itu antara lain untuk menunjang pembangunan beberapa proyek polder, pembangunan saluran drainase serta mendukung upaya peningkatan jalan Samarinda Seberang-Palaran dilaksanakan Pemprov Kaltim. "Dari total anggaran Rp59 miliar untuk kegiatan pembebasan lahan tahun 2012. Usulannya tak hanya disampaikan melalui APBD Samarinda namun juga diharapkan subsidi Pemprov Kaltim," ungkap Kepala Bagian (Kabag) Perkotaan Setkot Samarinda Busrani kepada Koran Kaltim siang kemarin.

Buta Aksara Didominasi Kaum Perempuan

27 Oktober 2011

Buta Aksara Didominasi Kaum Perempuan SAMARINDA-Jumlah warga buta aksara usia 15 tahun ke atas di Kaltim mengalami peningkatan, yakni pada 2010 sebanyak 31.623 orang, meningkat menjadi 36.080 orang pada tahun 2011. "Terkait dengan masih tingginya warga yang buta aksara tersebut, maka Pemerintah Pusat melalui APBN, dan Pemerintah Provinsi Kaltim melalui APBD 2011 menganggarkan dana senilai Rp4,4 miliar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Musyahrim. Musyahrim yang didampingi Kasi Pendidikan Masyarakat Pendidikan Nonformal dan Informal Hj Maryati menambahkan, dari alokasi dana terdiri atas APBN 2011 senilai Rp2,1 miliar dan APBD Kaltim 2011 Rp2,3 miliar.

Blank Spot Kaltim Tersisa 20 Persen

26 Oktober 2011

Blank Spot Kaltim Tersisa 20 Persen SAMARINDA - Kondisi sarana jaringan telekomunikasi di Kaltim sudah mencapai 80persen, sementara ini hanya tersisa 20 persen dalam keadaan blank spot (belum tersambung jaringan komunuikasi). Dengan kondisi itu, Dinas Kominikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim berencana membangun tower di daerah yang selama ini masih blank spot. Terutama untuk daerah terpencil dan perbatasan, namun karena keterbatasan akses sehingga terpkasa ditunda. Padahal tower tersebut diharapkan dapat menunjang kelancaran komunikasi di daerah ini."Proses pembangunan sudah tahap lelang akhirnya dibatalkan. Kami berharap pada 2012 bisa terwujud dengan anggaran sesuai yang dibutuhkan.

Awang Faroek:The Show Must Go On

26 Oktober 2011

Awang Faroek:The Show Must Go On The show must go on. Begitulah kira-kira gerak pembangunan yang dilaksanakan di Kaltim oleh pasangan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak-H Farid Wadjdy. The show must go on dalam arti harfiah terjemahan dalam Bahasa Indonesia berarti "Pertunjukan Harus Tetap Berjalan". Namun, yang dimaksudkan dengan "pertunjukkan" disini adalah pembangunan yang sedang dilaksanakan harus tetap berjalan."Kita tidak boleh mundur atau patah semangat. Semua pembanguan yang telah direncanakan harus terus berjalan," tegas Awang Faroek saat konferensi pers dengan sejumlah wartawan media cetak dan elektronik di Pendopo Lamin Etam

Baru 20 PKL Ambil Formulir dari 214 Petak

26 Oktober 2011

Baru 20 PKL Ambil Formulir dari 214 Petak SAMARINDA – Selasa (25/10) hari ini adalah batas waktu (deadline) terakhir yang ditentukan Pemkot Samarinda terhadap pemindahan ratusan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Niaga Selatan ke kompleks GOR Segiri. Ini adalah deadline ketiga pemkot, setelah sebelumnya PKL diminta pindah dengan tempo 75 hari terhitung 18 Juli, serta 10 hari mulai 4 Oktober lalu. Namun kedua batas waktu ini tak digubris PKL. Kabag Humas dan Protokol Setkot Samarinda Erham Yusuf mengatakan, bagi PKL yang tak mengindahkan instruksi ini, berarti dianggap tak masuk daftar relokasi. Artinya, pemkot tidak akan melayani PKL yang belum mendaftarkan diri dipindah ke kompleks GOR Segiri.