Berita Terbaru

RSS

Moda Transportasi Kaltim Mengarah Ke Eropa

31 Oktober 2011

Moda Transportasi Kaltim Mengarah Ke Eropa SAMARINDA - Kaltim bisa mencontoh moda transportasi Negara-negara Eropa yang telah berhasil menggabungkan moda transportasi darat, laut dan udara. Demikian harapan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faorek Ishak saat membuka Simposium tentang Transportasi di Ruang Rapat Tepian Kantor Gubernur , Kamis pekan lalu.Hingga saat ini lanjut Awang Faroek, untuk urusan pembangunan infrastruktur Indonesia hanya berada di urutan 12, jauh dibawah China, Thailand dan Kamboja."Saat ini Indonesia terus membangun infrastruktur baik jalan, jembatan dan lainnya. Untuk Koridor Kalimantan, jalan trans Kalimantan dari Kalbar, Kalteng, Kalsel dan Kaltim terus mendapat perhatian untuk disempurnakan," jelas Faroek.

Tol Direncanakan Tembus ke Maloy

31 Oktober 2011

Tol Direncanakan Tembus ke Maloy SAMARINDA- Jalan tol pasti akan bermanfaat untuk rakyat. Pembangunannya masih dilanjutkan meski kritik masih terus menyerang. Nantinya jalan bebas hambatan itu bukan hanya menghubungkan Balikpapan - Samarinda saja, tetapi hingga Bontang dan Sangata bahkan tembus ke Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kutai Timur. Sasarannya, kawasan industri besar di Kaltim mulai dari Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan bisa terhubung mulus ke KIPI Maloy di Kutai Timur."Banyak kritikan, tapi pembangunan jalan tol akan tetap kita lanjutkan. Tembus sampai Bontang, Sangata hingga Maloy.

Tahun Depan, Harga BBM Subsidi Tidak Naik

31 Oktober 2011

Tahun Depan, Harga BBM Subsidi Tidak Naik JAKARTA, - Pemerintah memastikan tidak akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi tahun depan. Untuk mengontrol konsumsi BBM subsidi, pemerintah melakukan pembatasan. Keputusan tidak menaikkan harga BBM subsidi merupakan kesepakatan antara pemerintah dengan DPR dalam penyusunan APBN 2012. Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengatakan, pembatasan konsumsi BBM subsidi diperuntukkan bagi mobil pribadi. Menurutnya, mekanisme pembatasan konsumsi BBM subsidi ini akan disusun oleh Kementerian Sumber Daya Mineral dan Energi. "Karena ada pembatasan terhadap mobil pribadi berarti harga BBM tidak naik," jelasnya pada akhir pekan lalu.

MUI Kaltim Umumkan Idul Adha 6 November

31 Oktober 2011

MUI Kaltim Umumkan Idul Adha 6 November SAMARINDA,- Ketua MUI Kaltim Hamri Has mengumumkan tanggal 6 November Hari Raya Idul Adha 1432 H kurang lebih seminggu lagi pelaksanannya, Sabtu (29/10/2011). Ia mengimbau pada umat muslim untuk menyambut hari raya Idul Adha sekaligus mendoakan jamaah haji yang sedang beribadah haji supaya jadi Haji yang mabrur. Mabrur maksudnya yakni orang yang melaksanakan haji dengan baik dari awal sampai akhir. Dianjurkan sejak sore sampai malam warga umat muslim memperbanyak takbir dari tanggal 10 Zulhijah atau 6 November sampai hari tasyrik (hari yang ke tiga) pada tanggal 13 Zulhijjah atau 9 November.

Kelurahan PRIMA Akan Didirikan di Samarinda

31 Oktober 2011

SAMARINDA, - Konstribusi perempuan terhadap peningkatan pendapatan keluarga semakin diperlukan, sementara peluang untuk pengembangan potensi produktivitas ekonomi perempuan Indonesia masih terbatas. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Samarinda Hj. Ernawati Ijab mengatakan, terbatasnya potensi tadi menjadi alasan bagi pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan akan membuat Kebijakan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan melalui pembentukan forum di daerah tidak terkecuali di Kota Samarinda.

BKKBN Gelar Sosialisasi Hasil Kajian Kependudukan

28 Oktober 2011

BKKBN Gelar Sosialisasi Hasil Kajian Kependudukan SAMARINDA –Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim menyelenggarakan Sosialisasi/presentasi hasil kajian kependudukan Provinsi Kalimantan Timur 2011. “Berdasarkan hasil sensus 2010 penduduk Kaltim berjumlah 3,5 juta jiwa, dibandingkan tahun 2000 maka terdapat 1,1 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk mencapai 3,82 persen pertahun,” kata Plh Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim yang disampaikan Kepala Bidang Keluarga Berencana Muhammad Taqdir pada Sosialisasi Hasil Kajian Kependudukan Provinsi Kaltim.

Pemprov Gelontorkan Ratusan Miliar Untuk Kota Samarinda

28 Oktober 2011

Pemprov Gelontorkan Ratusan Miliar Untuk Kota Samarinda SAMARINDA –Pemprov Kaltim memberikan perhatian cukup tinggi untuk pembangunan Samarinda. Tahun ini saja, ratusan miliar rupiah digelontorkan Pemprov untuk mendukung pembangunan dan penanganan berbagai permasalahan di ibukota provinsi ini.“Perhatian kita berikan dalam bentuk bantuan APBD dan bantuan program untuk Samarinda ini cukup besar. Jumlahnya mencapai ratusan miliar rupiah,” kata Irianto Lambrie saat membuka Rapat Kerja Kehumasan di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda.Beberapa persoalan yang perlu diperhatikan Pemkot Samarinda khususnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat adalah penanganan persoalan banjir yang saat ini justru kian meluas.

Target Kaltim Terang 2013

28 Oktober 2011

Target Kaltim Terang 2013 SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim terus berupaya menyelesaikan masalah krisis energi dan mengurangi ketimpangan antara ketersediaan dengan kebutuhan listrik bagi masyarakat di daerah ini. Hal tersebut terus diwujudkan untuk mencapai target "Kaltim Terang", yang ditargetkan bisa terwujud paling lambat pada 2013, sehingga tidak ada lagi pemadaman bergilir di seluruh wilayah Kaltim.Demikan disampaikan Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wadjdy saat melepas Petugas Pengganti kWh Meter Tua, dalam rangkaian Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-66 Provinsi Kaltim, di Samarinda."Kita bersyukur Kaltim mendapat jatah 18.640 unit alat kWh baru untuk mengganti kWh yang meter tua dan berumur lebih dari 20 tahun," ujarnya.

Jalan Rusak Tersisa 25 Persen

28 Oktober 2011

Jalan Rusak Tersisa 25 Persen SAMARINDA - Pekerjaan Rumah (PR) Pemkot Samarinda untuk menangani kondisi jalan masih rusak saat ini terisa 25 persen. Kegiatan tersebut akan dilanjutkan pada 2012. Demikian dikemukakan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda Dadang Airlangga kepada Koran Kaltim siang kemarin. "Kita belum bisa menyampaikan perkiraan alokasi dana APBD 2012 untuk menyelesaikan perbaikan jalan rusak masih tersisa 25 persen. Sebab jika kami sampaikan dan ternyata hasilnya tak sesuai diusulkan maka dikhawatirkan informasi saya akan ditagih masyarakat. Karena itu lebih baik menunggu saja perhitungan dari Bappeda atau Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)," paparnya.

Rp 15 Miliar untuk Jalan Lingkungan

28 Oktober 2011

Rp 15 Miliar untuk Jalan Lingkungan KUCURAN dana pembangunan dan peningkatan jalan lingkungan serta drainase Samarinda, ternyata cukup besar. Pada 2011 ini Dinas Cipta Karya dan Tata Kota (Disciptakot) Samarinda mendapat jatah Rp 15 miliar untuk proyek tersebut. Dan tahun 2012 masih harus diusulkan lagi dengan jumlah yang sama. Data ini sesuai laporan Disciptakot ke Komisi III DPRD Samarinda pada hearing tertutup Rabu (26/10) siang. Menurut Sekretaris Komisi III Mursyid AR, komisinya akan mengecek kembali rincian usulan itu. “Jangan sampai yang sudah diusulkan, tercantum lagi di usulan tahun depan,” terangnya.