Berita Terbaru

RSS

Sebarkan Informasi Tentang Kaltim

23 November 2011

Sebarkan Informasi Tentang Kaltim SAMARINDA -Kunjungan ke Ibukota Provinsi Kaltim, Samarinda diterima Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di ruang kerjanya.Kunjungan Atase Militer ke Kaltim dipimpin oleh Atase Militer asal Singapura, Tham Chong Yean yang didampingi pejabat dari Markas Besar TNI, Judi Rustihadi yang berkunjung ke Kaltim selama tiga hari dan dijadwalkan mengunjungi Balikpapan, Samarinda dan Desa Budaya Pampang.Dalam pertemuan itu gubernur memapaparkan tentang kondisi geografis, potensi Kaltim baik Sumber Daya Alam (SDA) berupa pertambangan, minyak dan gas hingga potensi pertanian dalam arti luas.

UKM Samarinda Serap 50.327 Tenaga Kerja

22 November 2011

UKM Samarinda Serap 50.327 Tenaga Kerja SAMARINDA - Usaha kecil dan menengah (UKM) di Samarinda, hingga kini mampu menyerap sebanyak 50.327 tenaga kerja di semua sektor. "Peningkatan UKM mulai dari industri pertanian, nonpertanian, perdagangan, aneka usaha, dan jasa, baik skala mikro, kecil maupun menengah," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Samarinda, Islansyah.Menurut dia, jumlah UKM di Samarinda pada Juni 2011 mencapai 26.279 orang terdiri atas industri pertanian 423 orang, industri nonpertanian 345 orang, perdagangan (2.904), aneka usaha dan jasa (758), dan UKM nonformal (21.850). Total aset UKM mencapai Rp34,4 miliar dengan omzet mencapai Rp420,3 miliar.

Pusat Belum Putuskan Anggaran Tol

22 November 2011

Pusat Belum Putuskan Anggaran Tol SAMARINDA – Pernyataan Gubernur Awang Faroek bahwa proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda akan dibiayai APBN sekitar Rp2,5 triliun dibantah oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU), Hermanto Dardak. Ditegaskan Hermanto Sabtu lalu di Samarinda, Pemerintah Pusat lewat Kementerian PU masih melihat dulu perkembangan proyek ini. Jadi sama sekali tidak ada janji soal nominal Rp2,5 triliun.“Kami belum bicara soal angka nominal APBN. Kami masih memantau bagaimana proyek ini dilangsungkan,” ujar Hermanto.Yang benar adalah, Pusat sedang mengupayakan pinjaman luar negeri untuk pembiayaan proyek Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dan Penajam Paser Utara (PPU).

Pembangunan PLTG Senipah DIjadwalkan Selesai AKhir Tahun 2012

22 November 2011

Pembangunan PLTG Senipah DIjadwalkan Selesai AKhir Tahun 2012 SENIPAH –Peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Senipah 2×41 mega watt (MW) di desa Teluk Pemedas Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara sukses dilakukan Senin (21/11). Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak berharap agar pembangunan PLTG Senipah berjalan lancar hingga rampung sesuai target Desember tahun epan.“Masyarakat dan kita semua harus mendukung pembangunan PLTG Senipah ini. Kehadiaran PLTG Senipah nantinya akan sangat membantu ketersediaan listrik di Kaltim,” kata Awang Faroek saat memberi sambutan sebelum peletakan batu pertama.

Perbaikan TPA Palaran Diusulkan Rp2,5 M

21 November 2011

Perbaikan TPA Palaran Diusulkan Rp2,5 M SAMARINDA - Perbaikan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Palaran dengan konsep sanitary landfill atau sistem pengelolaan sampah secara tertutup telah diusulkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Samarinda melalui APBN Murni tahun 2012 dengan nilai sebesar Rp2,5 miliar. Demikian disampaikan Kepala DKP Samarinda Sugeng Chairuddin kepada Koran Kaltim, siang kemarin. "Informasi yang saya peroleh, usulan peningkatan lokasi TPA Palaran yang kami ajukan melalui APBN 2012 sebesar Rp2,5 miliar mendapatkan peluang persetujuan. Hanya saja nilai total yang disetujui dari usulan tersebut belum diketahui. Mudahan saja Rp2,5 miliar semuanya dipenuhi," ungkap Sugeng.

Gubernur Ajak Seluruh Masyarakat Tanam Pohon

21 November 2011

Gubernur Ajak Seluruh Masyarakat Tanam Pohon SAMARINDA - Gubernur Kaltim, Dr Awang Faroek Ishak meminta Senin 28 November nanti, seluruh masyarakat, tidak terkecuali pendengar RRI turun ke lapangan ikut menanam pohon yang disiapkan beberapa jenis bibit pohon. "Saya minta 28 Nopember nanti seluruh SKPD turun ke lapangan, sudah saya hitung ada sembilan ribu PNS nantinya semua harus turun menanam pohon, Kantor Gubernur kita kosongkan saja biar dijaga Satpol PP, karena kegiatan ini sesuai dengan pencanangkan Presiden RI yakni program penanaman 1 milliar pohon," ajak Gubernur pada acara dialog dan temu pendengar RRI Samarinda yang digelar di halaman Lamin Etam, Ahad (20/11). Gubernur ketika itu didampinggi Wagub H Farid Wadjdy dan para kepala SKPD.

Ekonomi Makro Kaltim Triwulan II Tumbuh Positif

21 November 2011

Ekonomi Makro Kaltim Triwulan II Tumbuh Positif SAMARINDA - Pertumbuhan ekonomi secara makro di Kaltim pada triwulan II 2011 tumbuh positif mencapai 1, 83 persen, pertumbuhan ini lebih tinggi dibanding dengan triwulan sebelumnya dengan pertumbuhan 1,43 persen.Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan perkembangan tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan pada 2012."Dari sisi permintaan, peningkatan pertumbuhan ekonomi disebabkan oleh meningkatnya kinerja konsumsi rumah tangga yang disebabkan oleh naiknya permintaan masyrakat terutama komoditi makanan.

Jika Terbukti, Pembantaian Orang Utan Harus Diproses Secara Hukum

18 November 2011

Jika Terbukti, Pembantaian Orang Utan Harus Diproses Secara Hukum Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menegaskan Pemprov akan mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun, perorangan maupun perusahaan yang melakukan perusakan hutan dan satwa di bumi etam. Pemprov tidak akan memberi toleransi untuk tindakan-tindakan tersebut karena sangat bertentangan dengan komitmen Kaltim Green menyelamatkan kelestarian alam dan segala jenis flora dan fauna di dalamnya.“Pemprov akan mengambil tindakan tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” ujar Gubernur.Penegasan Gubernur disampaikan menjawab pertanyaan salah satu reporter televisi swasta nasional terkait isu pembataian orang utan yang dilakukan perusahaan perkebunan sawit di Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara.

Pemprov Kaltim Jadwalkan Pemancangan Tiang BSB

18 November 2011

Pemprov Kaltim Jadwalkan Pemancangan Tiang BSB SAMARINDA – Rencana Pemerintah Provinsi Kaltim akan melakukan groundbreaking (pemancangan tiang) pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) pada 22 Nopember ini. Rencana tersebut disampaikan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak usai peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-47 di Ruang Ramadhan Kantor Gubernur, Senin (14/11).“Untuk pembangunan BSB tahap pertama dan tahap kedua akan dilakukan groundbreaking pada bulan ini tepatnya 22 Nopember 2011. Hal ini penting dilakukan guna mempercepat realisasi pembangunan bandara di Samarinda,” kata Awang Faroek

Pemprov Kaltim dan Kabupaten Kukar Inginkan Saham Blok Mahakam

18 November 2011

Pemprov Kaltim dan Kabupaten Kukar Inginkan Saham Blok Mahakam SAMARINDA –Komitmen Pemprov Kaltim terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat kian terlihat. Buktinya diberbagai kesempatan dan pertemuan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak selalu mengajak memanfaatkan pengelolaan SDA yang ada untuk kepentingan masyarakat.Berkaitan itu, pemprov kaltim bersama pemkab kukar akan memperjuangkan memperoleh bagian beberapa persen pengelolaan saham pengelolaan Blok Mahakam yang Kontrak Kerja Sama (KKS) bersama pengelolanya Total E&P Indonesie (Prancis) dan Inepex Corp (Jepang) akan berakhir 31 Maret 2017.