Berita Terbaru

RSS

Pengadaan Cable Stayed Mahkota II Tertunda

11 November 2011

Pengadaan Cable Stayed Mahkota II Tertunda SAMARINDA - Pengadaan cable stayed Jembatan Mahkota II direncanakan Desember 2011 dipastikan mengalami penundaan. Sebab lembaga yang mengeluarkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) cable stayed baru terbentuk dan dalam tahap proses peralihan. Demikian dikemukakan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda Dadang Airlangga kepada Koran Kaltim siang kemarin. "Kemungkinan besar pengadaan cable stayed Mahkota II tertunda sampai Maret atau Juni 2012. Sebab lembaga sertifikasi SNI untuk cable stayed masih dalam proses peralihan," ungkap Dadang.

UMP Kaltim 2012 Rp 1.177.000

11 November 2011

UMP Kaltim 2012 Rp 1.177.000 SAMARINDA, - Pemprov melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim akhirnya menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Kaltim tahun 2012 sebesar Rp 1.770.000. Dibandingkan tahun sebelumnya, hanya mengalami kenaikan sekitar 8,5 persen, yakni UMP 2011 Rp 1.084.000. Kepala Disnakertrans Kaltim Ikhwansyah mengatakan, ketetapan UMP 2012 itu berdasarkan pembahasan panjang Dewan Pengupahan Provinsi yang terdiri dari Disnakertrans, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan pihak buruh yang diwakili sejumlah sarikat buruh dan pekerja se-Kaltim.

Pusat Setuju Danai Tol Kaltim 40 Persen

11 November 2011

Pusat Setuju Danai Tol Kaltim 40 Persen SAMARINDA,- Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengucap syukur, pemerintah Pusat menurutnya, akhirnya setuju ikut mendanai proyek pembangunan jalan tol ruas Balikpapan-Samarinda, sebesar 40 persen. Jika diprosentasikan total dana tol Rp 6,2 triliun, maka 40 persen adalah sekitar Rp 2,5 triliun. "Syukur alhamdulillah, pemerintah pusat akhirnya membantu untuk membiayai jalan tol kaltim kita 40 persen. Hal itu saya harus kemukakan, karena berdasarkan penegasan yang disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum Achmad Ghani Gazali, bahwa bantuan sangat diperlukan dalam meningkatkan kelayakan jalan tol Kaltim," kata Awang, Kamis (10/11/2011).

Kalimantan Berperan Penting Dalam Pembangunan Nasional

10 November 2011

Kalimantan Berperan Penting Dalam Pembangunan Nasional SAMARINDA - Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III Lembaga Adminstrasi Negara (LAN) Samarinda menggelar Seminar tentang Pola Prakarsa Masyarakat dalam Pembangunan Daerah di Wilayah Kalimantan dan Pola Hubungan Kerja Antar Provinsi di Kalimantan."Pembangunan merupakan hasil jerih payah, pengorbanan serta perjuangan dan partisipasi rakyat. Karenanya, hasil-hasil pembangunan yang dicapai selama ini, seharusnya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat," kata Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten IV Bidang Administrasi Umum HM Aswin saat membuka seminar di Auditorium PKP2A III LAN, Samarinda.

Kapet Sasamba Tarik Investasi Rp11 Triliun

10 November 2011

Kapet Sasamba Tarik Investasi Rp11 Triliun SAMARINDA - Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu Samarinda, Sangasanga, Muara Jawa, Loa Janan, Samboja, Balikpapan, (Kapet-Sasamba) yang berdiri sejak September 1998, mampu menarik investasi mencapai Rp11 triliun."Dalam kurun waktu 2005-2010, berdasarkan catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kapet Sasamba mampu menarik investasi terbesar nasional, yakni 11 triliun dibanding Kapet-Batu Licin Rp3 triliun dan Kapet-Manado-Bitung Rp3,5 Triliun" kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam sambutan dan arahan pada Rapat Koordinasi Penyiapan Rancangan Peraturan Presiden tentang Rencanan Tata Ruang Kawasan Starategi Nasional (RTR-KSN) Kapet Sasamba, di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur.

Menyulap Kariangau Menjadi Kebanggaan

10 November 2011

Menyulap Kariangau Menjadi Kebanggaan Pulau Kalimantan merupakan satu dari enam koridor ekonomi yang masuk dalam Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang diluncurkan Presiden SBY pada 27 Mei 2011.Pengembangan koridor ekonomi Kalimantan didasarkan pada potensi sumber daya alam dan ekonomi meliputi batu bara, sawit, migas, bauksit, besi baja dan perkayuan,sehingga Kalimantan di tetapkan sebagai Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Tambang dan Lumbung Energi Nasional.Dalam dokumen MP3EI telah teridentifikasi rencana investasi dan aspek-aspek yang diperlukan guna mendukung investasi, terutama aspek regulasi, konektifitas/infrastruktur dan SDM/Iptek.

Sektor Peternakan Sangat Tepat untuk Pengentasan Kemiskinan

10 November 2011

Sektor Peternakan Sangat Tepat untuk Pengentasan Kemiskinan Pengembangan usaha peternakan di Kaltim sangat tepat untuk mengentasakan kemiskinan, sehingga menjadi salah satu program prioritas di daerah ini. Dari kegiatan usaha ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Ibrahim terkait pengembangan usaha peternakan, berupa sapi, kerbau, kambing maupun ternak unggas."Masyarakat tidak usah ragu untuk mengembangkan usaha peternakan, karena hasilnya dapat dirasakan langsung," kata Ibrahim, pada Pencanangan Gerakan Pelayanan Peternakan dan Kesehatan Hewan dan vaksin rabies massal di Desa Tanjung Harapan, Kec Samboja Kutai Kartanegara.

Potensi MP3EI di Kaltim Dimanfaatkan dengan Baik

09 November 2011

Potensi MP3EI di Kaltim Dimanfaatkan dengan Baik SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan peluang yang muncul dalam Masterplan Perluasan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan dengan baik. Peluang besar tersebut kata Gubernur, harus memberi pengaruh besar terhadap peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD). "Saat pertama saya menjadi Gubernur, APBD kita baru sekitar Rp7 triliun. Sekarang, kita sudah mampu mencapai Rp10 triliun. Saya sangat yakin kalau kita mampu memanfaatkan MP3EI ini APBD kita pasti akan terus meningkat," kata Gubernur Awang Faroek saat memimpin rapat tentang Rencana Strategis Penguatan Perusahaan Daerah (Perusda) Kaltim.

Teridentifikasi 10 Daerah Otonom Baru di Kaltim

09 November 2011

Teridentifikasi 10 Daerah Otonom Baru di Kaltim SAMARINDA - Hingga 2011 ini di Kalimantan Timur telah terindentifikasi sekitar 10 daerah yang mengusulkan diri agar menjadi daerah pemekaran (otonom) baru baik untuk provinsi maupun kabupaten dan kota.Yakni, daerah otonom baru, yakni Kalimantan Utara (Kaltara) untuk provinsi, sedangkan untuk kota adalah Sebatik dan Samarinda Seberang. Sedangkan kabupaten baru yang diinginkan adalam Mahakam Ulu, Kutai Pantai, Kutai Pesisir, Paser Tengah, Berau Pesisir, Kutai Tengah, Kutai Utara dan Sangsaka (Sangkulirang, Sandaran, Karangan, Kaubun dan Kaliurang)."Pemerintah Provinsi Kaltim pada dasarnya mendorong pemekaran daerah, namun tentu saja dalam konteks penataan wilayah yang ideal.

Ekonomi Kuartal III Tumbuh 6,4 Persen

09 November 2011

Ekonomi Kuartal III Tumbuh 6,4 Persen JAKARTA - Perekonomian Indonesia sepanjang kuartal ketiga tahun ini masih tumbuh tinggi di level 6,5 persen (year on year). Konsumsi rumah tangga masih menjadi penopang pertumbuhan. Investasi juga masih menunjukkan akselerasi. Sedangkan ekspor, meskipun masih meningkat, menunjukkan tanda-tanda perlambatan. “Pada triwulan ketiga ada kegiatan ekonomi domestik seperti liburan, Lebaran, tahun ajaran baru. Itu memberikan dampak positif terhadap ekonomi. Di sisi lain, perlambatan global membuat ekspor turun,” kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Slamet Sutomo di kantornya kemarin (7/11).