Berita Terbaru

RSS

Samarinda Tingkatkan Layanan Perizinan

09 November 2011

Samarinda Tingkatkan Layanan Perizinan SAMARINDA,- Salah satu upaya pemerintah untuk terus mendongkrak pendapatan daerah Kota Samarinda adalah dengan meningkatkan pelayanan khususnya pada sektor bidang perijinan. Hal itu dikatakan Asisten IV bidang Administari dan Umum Pemkot Samarinda Maryadi, ketika menerima kunjungan 24 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep di ruang rapat wakil Walikota, Selasa (8/11/2011).

Angkatan Kerja Kaltim Bertambah 116.241 Orang

08 November 2011

Angkatan Kerja Kaltim Bertambah 116.241 Orang SAMARINDA - Beban Pemerintah Daerah Kaltim bertambah berat karena permasalahan ketenagakerjaan di Kaltim meningkat sangat tajam. Jumlah angkatan kerja di Kaltim pada Agustus 2011 tercatat sebanyak 1.764.696 orang atau bertambah 116.241 dalam satu tahun terakhir sejak Agustus 2010. Demikian rilis yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim terkait tentang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan masalah ketenagakerjaan, yang disampaikan Kepala BPS Kaltim, Johny Anwar, di Ruang Rapat Kantor BPS Kaltim di Samarinda.

Pertumbuhan Ekonomi Nasional Beri Trend Positif Bagi Kaltim

08 November 2011

Pertumbuhan Ekonomi Nasional Beri Trend Positif Bagi Kaltim SAMARINDA - Pertumbuhan ekonomi nasional hingga triwulan III masih menunjukkan tren positif yang didorong oleh peningkatan produktivitas komoditas unggulan, berupa batu bara. Situasi yang membaik secara nasional ini juga turut mendorong kinerja ekonomi nasional, termasuk di Provinsi Kaltim. Demikian dijelaskan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, Johny Anwar saat menjelaskan tentang Pertumbuhan Ekonomi Kaltim pada Triwulan III Tahun 2011 di Kantor BPS Kaltim, Senin (7/10). Menurut Johny, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kaltim pada triwulan ke III tahun ini jika memasukkan komoditi Minyak dan Gas (Migas) mencapai Rp98,4 triliun, sedangkan jika tanpa Migas, yakni Rp59 triliun.

Samarinda Diharapkan Tiru Tangerang Soal Pengelolaan Keuangan

08 November 2011

Samarinda Diharapkan Tiru Tangerang Soal Pengelolaan Keuangan SAMARINDA,- Asisten IV Bidang Administrasi Setkot Samarinda yang juga Koordinator Tim Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Aparat Pengawasan Fungsional Pemerintah Kota Samarinda, Maryadi mengatakan, ada baiknya pemerintah Kota Samarinda meniru pengelolaan keuangan Kota Tangerang. Hal itu dikatakannya di kantor Balaikota, Senin (7/11/2011). Hal itu juga didapatnya setelah mendatangi Kota Tangerang beberapa saat yang lalu. Menurutnya, Kota Tangerang sangat baik didalam bagaimana ketaatan kepada standar akuntansi pemerintahan dari semua jajaran yang ada di Kota Tangerang itu.

Tol Masih Bebas Hambatan

08 November 2011

Tol Masih Bebas Hambatan SAMARINDA – Revisi rencana tata ruang dan wilayah provinsi (RTRWP) Kaltim ditarget disahkan akhir tahun ini. Proses alih fungsi sejumlah kawasan, termasuk dua hutan yang dilintasi jalan tol Balikpapan-Samarinda yang termuat dalam RTRWP, disebut belum menemui kendala. Pekan lalu, tim terpadu RTRWP termasuk Pemprov Kaltim bertemu Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Kementerian Kehutanan, Jakarta. Dari pertemuan itu, terang Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Menhut menyambut positif revisi yang diajukan tim terpadu.

Antisipasi Belum Sinkron

08 November 2011

Antisipasi Belum Sinkron JAKARTA - Indonesia dinilai masih belum aman dari ancaman krisis finansial global meskipun cadangan devisa cukup tinggi. Hal itu terutama belum terintegrasinya protokol pencegahan dan penanganan krisis yang dilakukan dua lembaga, yaitu Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. Direktur Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, protokol nasional untuk pencegahan dan penanganan krisis ekonomi masih belum terintegrasi dengan baik. "Apa yang ada di Indonesia belum memadai sebagai suatu protokol nasional," ujar Perry akhir pekan lalu.

Wawali Minta Warga Jalan Gotong Royong Samarinda Bersabar

07 November 2011

Wawali Minta Warga Jalan Gotong Royong Samarinda Bersabar SAMARINDA, - Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail meminta masyarakat yang memblokir Jl Gotong Royong Samarinda dengan menimbun batu dan palang di tengah jalan untuk bersabar. "Masih kami telusuri melalui instansi terkait untuk melihat kelanjutan prosesnya. Jadi, masyarakat diminta untuk bersabar. Solusi jangka pendek, kami sudah instruksikan Camat Palaran untuk menghimpun CSR perusahaan sekitar lokasi untuk menimbun sementara jalan yang berlubang, solusi jangka menengah, kita akan masukkan perbaikan jalan itu dalam APBD 2012 yang akan datang karena itu memang jalan milik Kota Samarinda," jelas Wawali.

Dishub Akui Pembinaan Jukir Lemah

07 November 2011

Dishub Akui Pembinaan Jukir Lemah SAMARINDA - Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda menyebut merosotnya angka retribusi parkir setiap tahunnya akibat pembinaan juru parkir (jukir) yang lemah. Menurut Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Parkir Dishub Samarinda Darul Kuteni, pembinaan jukir memang menjadi target utama untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebab, dari pembinaan itu, jukir bertanggung jawab terhadap penyetoran hasil parkir setiap harinya. “Kan kalau dibina, mereka (jukir, Red.) akan terkontrol,” ucapnya.

Developer Wajib Siapkan Pompa

04 November 2011

Developer Wajib Siapkan Pompa SAMARINDA. Sejumlah kompleks perumahan kian marak dibangun di Kecamatan Palaran. Seperti yang dibangun di Kelurahan Simpang Pasir, dan Handil Bakti. Namun dalam pembangunannya tentu belum disertai ketersediaan air bersih. Untuk itu, PDAM Samarinda menyatakan siap untuk mendistribusikan air ke kawasan perumahan-perumahan tersebut. "Pada dasarnya PDAM siap endistribusikan air ke pemukiman perumahan. Karena jaringan pipa melalui dua kelurahan itu, Simpang Pasir dan Handil Bhakti," ujar Kepala Seksi Humas PDAM Samarinda Syarif Rahman Hakim.Namun kepada pengembang perumahan atau developer, diimbau untuk memenuhi persyaratan pemasangan pendistribusian air PDAM.

Proyek Multiyears Dijatah Rp190 M

04 November 2011

Proyek Multiyears Dijatah Rp190 M SAMARINDA - Terhitung sejak 2011 hingga 2014 proyek multiyears atau tahun jamak dipastikan mendapat jatah senilai Rp190 miliar di APBD Samarinda, subsidi Pemprov Kaltim dan APBN. Dari data dihimpun Koran Kaltim total proyek multiyears dibagi dalam dua kegiatan yakni Rp125 miliar untuk pembangunan jalan pendekat Jembatan Mahkota II dari sisi Samarinda Ilir dan Rp65 miliar dialokasikan sebagai kegiatan peningkatan akses jalan poros Samarinda Seberang hingga Palaran. Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda Dadang Airlangga selaku pihak bertanggungjawab atas dua proyek multiyears senilai Rp190 miliar berharap agar kegiatan sudah disepakati