Berita Terbaru

RSS

DPRD Janji Tindaklanjuti Segera Koordinasi dengan Disdik Samarinda

15 Februari 2010

 DPRD Janji Tindaklanjuti Segera Koordinasi dengan Disdik Samarinda SAMARINDA – Kondisi sekolah satu atap SDN 009 dan SMP 047 Samarinda juga mengundang keprihatinan DPRD Samarinda. Sejumlah anggota perwakilan rakyat menyatakan akan segera menindaklanjuti untuk memastikan kondisi sekolah yang diduga kurang mendapat perhatian. Ketua komisi IV DPRD Samarinda Arifin Idris mengatakan, DPRD akan sidak dalam waktu dekat. Tujuannya untuk memastikan kondisi di lapangan. Masalahnya memang ada beberapa masukan dan keluhan masyarakat. “Kami akan menindaklanjuti dan segera mencari solusinya, “ kata Arifin Idris. Dikatakan, selama ini hasil kunjungan DPRD Samarinda banyak temuan-temuan yang perlu dibenahi. Temuan-temuan tersebut akan dikoordinasikan kepada Pemkot Samarinda.

Hanura Kemungkinan Merapat ke Ipong Golkar dan Andi Harun Adu Calon Wawali

15 Februari 2010

 Hanura Kemungkinan Merapat ke Ipong Golkar dan Andi Harun Adu Calon Wawali Pendaftaran partai dan calon indepen untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Samarinda memang masih April nanti. Namun, hingga akhir Februari mendatang dipastikan terjadi tarik-menarik kepentingan bakal berlangsung. Salah satu kandidat bakal calon Wali Kota (Bacawali) Samarinda, Andi Harun, termasuk yang belum menentukan pilihan calon wawali. Sementara itu, tiga partai yakni PKS, PAN, dan Hanura, juga belum menentukan sikap akan ke mana. Satu partai lagi yakni PPP disebut-sebut sudah bergabung dengan Syaharie Jaang. Sementara itu, PKS dan PAN hampir pasti bergabung. Sedangkan Hanura, sejauh ini lebih condong ke Ipong Muchlissoni yang kini diusung PDIP Samarinda.

Minta Kompensasi Batu Bara

12 Februari 2010

Minta Kompensasi Batu Bara SAMARINDA – Sebuah perusahaan dari New Jersey Amerika Serikat (AS), Global First Financial Partners Inc, menyatakan minatnya untuk membangun jalan tol, jembatan Pulau Balang, rencana perluasan Bandara Sepinggan hingga pelabuhan Maloy di Kutim. Global cuma minta kompensasi berupa konsesi tambang batu bara. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Global dengan Pemprov Kaltim di gubernuran, Samarinda, Kamis (11/2). Di depan Presdir Global Fernando M Sopot, Asisten II Setprov Kaltim Muhammad Sya'bani mempresentasikan peluang investasi yang bisa dilakukan perusahaan itu di Kaltim. Diantaranya jalan tol dan pelabuhan Maloy.

Ancam Hentikan Tahapan Pilwali KPU Samarinda Minta Dana Pilkada Dicairkan

11 Februari 2010

Ancam Hentikan Tahapan Pilwali KPU Samarinda Minta Dana Pilkada Dicairkan SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda mengancam akan menghentikan seluruh tahapan pemilihan wali kota (Pilwali) karena Pemkot Samarinda belum mencairkan dana pemilihan kepala daerah (Pilkada) Samarinda. ”Kami akan hentikan tahapan Pilkada Samarinda karena tidak ada jaminan dana dari Pemkot Samarinda. Bagaimana kami mau bekerja jika kami selalu menggunakan dana probadi untuk menjalankan tahapan pilwali,” ungkap Kepala KPU Samarinda Syarifuddin Tangalindo. Ditambahkan, KPU Samarinda juga telah mengajukan dana talangan agar tahapan pilkada tetap bisa berjalan. Dana yang diminta sebesar Rp 1 miliar pada Januari lalu. Namun informasi yang dikumpulkan KPU Samarinda, diketahui saat ini Pemkot Samarinda tengah kehabisan dana.

Distribusi Air di Temindung Indah Tak Lancar PDAM Tuding Mati Lampu Penyebabnya

10 Februari 2010

 Distribusi Air di Temindung Indah Tak Lancar PDAM Tuding Mati Lampu Penyebabnya SAMARINDA - Keluhan warga di Perumahan Temindung Indah tentang distribusi air yang tidak lancar dibenarkan PDAM Samarinda. Meski demikian, PDAM menuding penyebabnya karena pemadaman listrik yang sering terjadi, sehingga distribusi juga tidak lancar. Humas PDAM Samarinda Syarif Rahman mengatakan, distribusi air di perumahan yang dikelola PT Artas Nusantara terpaksa dilakukan bergiliran dengan wilayah Sempaja. Penjadwalan ini karena kondisi air yang memang tidak mencukupi dan posisi perumahan yang berada di perbukitan. “Kami sedang memasang pipa untuk melengkapi distribusi air ke perumahan di Temindung Permai. Setelah selesai, suplai air pasti lancar,” kata Syarif Rahman kepada Kaltim Post, kemarin.

Jalan Longsor Tenggarong-Samarinda Makin Parah

09 Februari 2010

Jalan Longsor Tenggarong-Samarinda Makin Parah Jalan longsor di sekitar Kilometer 15 arah Tenggarong-Samarinda kian parah. Hingga Selasa (9/2/2010) kondisi jalan semakin amblas hingga mencapai sekitar empat meter dari badan jalan. Jalan berbahan beton itu mulai longsor Desember 2009 lalu. Pemkab Kukar sudah menganggarkan Rp 900 juta untuk perencanaan perbaikan. Pantauan Tribunkaltim.co.id di lapangan, belum ada aktivitas perbaikan. Sejak longsor, lalu lintas kendaraan hanya menggunakan satu jalur dari arah Tenggarong. Perusahaan Listrik Negara (PLN) terhitung dua kali memindahkan tiang listrik yang roboh tergerus longsor

Saatnya Lebih Maksimalkan Jembatan Mahulu

09 Februari 2010

Saatnya Lebih Maksimalkan Jembatan Mahulu JEMBATAN Mahakam sejak pertama kali dibangun diperkirakan mampu menahan beban hingga 1.050 ton. Namun seiring berjalannya waktu dan akibat tiang penyangga beberapa kali ditabrak ponton, kekuatan jembatan dalam menahan beban menurun menjadi sekitar 700 ton saja. Tetapi di sisi lain, Mahakam masih menjadi akses utama warga yang ingin menuju Samarinda Seberang, Palaran atau ke Balikpapan. Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda H Jafar Abdul Gaffar menegaskan ada sejumlah opsi yang bisa dilakukan untuk menjaga jembatan yang dibangun 1985 silam itu.

Pemkot Tak Berani Putuskan Kontrak NCR

09 Februari 2010

Pemkot Tak Berani Putuskan Kontrak NCR SAMARINDA. Meski Pemprov Kaltim menargetkan Februari ini tender ulang dilakukan, namun tetap saja, kelanjutan pembangunan Bandara Samarinda Baru, di Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara, hingga kini belum jelas juntrungannya. Pasalnya, hingga kini belum adan keberanian dari Pemkot Samarinda untuk memutus kontrak kerja PT Nuansa Cipta Realtindo (NCR), kontraktor lama yang dinilai tak mampu menuntaskan proyek itu. Padahal, itu sebagai syarat penting untuk melanjutkan kembali proses pembangunannya hingga perampungan.

Wacana Gubernur Dinilai Usang

09 Februari 2010

Wacana Gubernur Dinilai Usang SAMARINDA – Dinamisator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim Kahar Al Bahri menilai pernyataan dan keinginan Gubernur Kaltim Awang Faroek agar perusahaan besar berkantor pusat di Kaltim sebagai wacana yang usang. Wacana itu sudah dilontarkan gubernur terdahulu, Suwarna AF, namun tak juga ada realisasinya. Selain itu, menurut Kahar, gubernur mestinya tidak perlu sibuk mengurusi di mana tempat kantor pusat perusahaan. Itu bukanlah masalah terpenting yang harus ditangani oleh gubernur dalam konteks keinginan menyejahterakan rakyatnya. Yang lebih penting adalah bagaimana menjaga kekayaan sumberdaya alam yang melimpah ruah itu bisa dimanfaatkan benar-benar untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan tarap hidup rakyat Kaltim.

Bandara Temindung yang Terus Berbenah

08 Februari 2010

Bandara Temindung yang Terus Berbenah Meski tak bisa lagi dikembangkan, bukan berarti Bandara Temindung Samarinda tak bisa berbenah. Setelah merenovasi terminal keberangkatan, bandara di pusat Kota Tepian ini bakal membongkar terminal kedatangan. Selain itu, beberapa pembenahan lainnya pun akan dilakukan. Beberapa pekerja terlihat membersihkan halaman parkir Bandara Temindung, Jumat pagi (5/2) kemarin. Tanaman-tanaman hias dipotong dan dirapikan. Sampah-sampah yang berserakan dikumpulkan lalu dibuang ke tong sampah yang tempatnya agak tersembunyi. Sebelumnya tempat sampah berada di sekitar halaman parkir, depan terminal kedatangan. Namun di tempat itu sekarang dibuat tulisan agak besar berbunyi larangan membuang sampah.