Berita Terbaru

RSS

Pemkot Tak Berani Putuskan Kontrak NCR

09 Februari 2010

Pemkot Tak Berani Putuskan Kontrak NCR SAMARINDA. Meski Pemprov Kaltim menargetkan Februari ini tender ulang dilakukan, namun tetap saja, kelanjutan pembangunan Bandara Samarinda Baru, di Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara, hingga kini belum jelas juntrungannya. Pasalnya, hingga kini belum adan keberanian dari Pemkot Samarinda untuk memutus kontrak kerja PT Nuansa Cipta Realtindo (NCR), kontraktor lama yang dinilai tak mampu menuntaskan proyek itu. Padahal, itu sebagai syarat penting untuk melanjutkan kembali proses pembangunannya hingga perampungan.

Wacana Gubernur Dinilai Usang

09 Februari 2010

Wacana Gubernur Dinilai Usang SAMARINDA – Dinamisator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim Kahar Al Bahri menilai pernyataan dan keinginan Gubernur Kaltim Awang Faroek agar perusahaan besar berkantor pusat di Kaltim sebagai wacana yang usang. Wacana itu sudah dilontarkan gubernur terdahulu, Suwarna AF, namun tak juga ada realisasinya. Selain itu, menurut Kahar, gubernur mestinya tidak perlu sibuk mengurusi di mana tempat kantor pusat perusahaan. Itu bukanlah masalah terpenting yang harus ditangani oleh gubernur dalam konteks keinginan menyejahterakan rakyatnya. Yang lebih penting adalah bagaimana menjaga kekayaan sumberdaya alam yang melimpah ruah itu bisa dimanfaatkan benar-benar untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan tarap hidup rakyat Kaltim.

Bandara Temindung yang Terus Berbenah

08 Februari 2010

Bandara Temindung yang Terus Berbenah Meski tak bisa lagi dikembangkan, bukan berarti Bandara Temindung Samarinda tak bisa berbenah. Setelah merenovasi terminal keberangkatan, bandara di pusat Kota Tepian ini bakal membongkar terminal kedatangan. Selain itu, beberapa pembenahan lainnya pun akan dilakukan. Beberapa pekerja terlihat membersihkan halaman parkir Bandara Temindung, Jumat pagi (5/2) kemarin. Tanaman-tanaman hias dipotong dan dirapikan. Sampah-sampah yang berserakan dikumpulkan lalu dibuang ke tong sampah yang tempatnya agak tersembunyi. Sebelumnya tempat sampah berada di sekitar halaman parkir, depan terminal kedatangan. Namun di tempat itu sekarang dibuat tulisan agak besar berbunyi larangan membuang sampah.

Tiga Proyek Terancam Mangkrak

08 Februari 2010

Tiga Proyek Terancam Mangkrak SAMARINDA – Tiga proyek besar di Kaltim dipastikan tidak segera selesai. Pasalnya usulan anggaran di APBN 2010 untuk tiga proyek ini ditolak pemerintah pusat. Tiga proyek itu adalah Jembatan Mahkota II yang menghubungkan Palaran dan Sungai Kapih Samarinda, proyek Jembatan Pulau Balang menghubungkan Balikpapan - Penajam Paser Utara (PPU), serta jalan tol (freeway) Balikpapan-Samarinda. Menurut Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas PU dan Kimpraswil Kaltim H Joko Setiono, sebenarnya Pemprov Kaltim tidak mengajukan usulan anggaran yang terlalu besar untuk ketiga proyek ini

Mendagri : Fee BPD Haram

08 Februari 2010

Mendagri : Fee BPD Haram Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi meminta agar penyebutan honor dan fee tidak dicampur aduk. Sebab, dua hal itu tidak sama. Status keduanya pun berbeda. Honor sah dan legal, sementara fee ilegal dan haram karena pemberiannya sembunyi-sembunyi dan tidak transparan. "Kalau fee, itu diberikan di bawah meja. Haram hukumnya. Itu ilegal. Tapi, kalau honor tidak. Pemberian honor berdasarakan SK (Surat Keputusan, Red)," kata Gamawan di Jakarta kemarin (6/2). Fee, kata Gamawan, adalah duit yang diberikan sebagai ongkos "terima kasih" dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) karena penyimpanan dana APBD di bank tersebut. Pemberiannya dilakukan tanpa memiliki dasar Surat Keputusan (SK) apa pun.

Tak Boleh Lebih 8 Ton

08 Februari 2010

Tak Boleh Lebih 8 Ton SAMARINDA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim hingga saat ini belum bisa menetapkan status kelayakkan Jembatan Mahakam untuk dilintasi kendaraan setelah ditabrak kapal ponton pengangkut batu bara beberapa waktu lalu. "Belum ada sampai hasilnya ke saya, belum dapat laporannya. Kami juga menunggu-nunggu, sebab hasil penelitian atau identifikasi Departemen PU itu sangat berguna untuk menghitung secara kongrit kerugian Mahakam pasca ditabrak," kata Kepala Dinas PU Husinsyah,Karena masih menunggu, menurutnya, pihaknya belum bisa memutuskan kelayakkan Jembatan.

SDN 007 & SMPN 40 Samarinda Belajar Lesehan

08 Februari 2010

SDN 007 & SMPN 40 Samarinda Belajar Lesehan Samarinda - Jika murid SDN 007 belajar sembari duduk di bangku ruang kelas pasca kebakaran di Jalan Cendana, Jumat (5/2/2010), tidak demikian dengan murid SMPN 40. Hari pertama masuk sekolah, Senin (8/2/2010), murid kelas 8 belajar sambil lesehan. Sebuah ruang kelas bekas perpustakaan digelar karpet di lantainya. Murid-murid itu belajar di lantai tersebut. Murid-murid kelas 9 belajar di lantai atas, sebanyak tiga ruang kelas. Kebetulan ruang kelas itu tidak dilalap api. Lantai bawah digunakan murid kelas 8 juga sebanyak tiga ruang kelas.Satu ruang kelas di lantai bawah digunakan belajar lesehan oleh kelas 8 secara bergantian. "Ruang kelas lesehan ini bakal digunakan bergantian dalam selang waktu dua hari oleh murid 8A, 8B dan 8C," kata Hj Arbayah, Wakil Sekolah Bagian Kesiswaan SMPN 40.

Rp 270 Triliun untuk Entas Kemiskinan

03 Februari 2010

Rp 270 Triliun untuk Entas Kemiskinan JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Armida S Alisjahbana mengatakan anggaran untuk penanggulangan kemiskinan dalam kurun waktu 2010-2014 adalah sebesar Rp 270 triliun. "Untuk pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan terutama di daerah-daerah, anggaran yang direncanakan adalah Rp 270 triliun," ujarnya dalam jawaban tertulis untuk Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Menurut dia, pemerintah juga telah membuat kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan yang terdiri dari tiga kluster, yaitu program untuk memberikan perlindungan dan bantuan sosial kepada rumah tangga dan masyarakat miskin.

BPD Kaltim Buka Kantor di Plaza Mulia

03 Februari 2010

BPD Kaltim Buka Kantor di Plaza Mulia SAMARINDA – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim kembali membuka Kantor Cabang Pembantu (Capem) Syariah di Jalan Suryanata dan Kantor Kas Syariah di Plaza Mulia, Selasa (2/2). Peresmian Kantor capem dan kas syariah baru ini dipusatkan di Mal Plaza Mulia dan diresmikan Walikota Samarinda Achmad Amins. Acara dihadiri langsung Direktur Utama BPD Kaltim, Aminuddin dan Pimpinan Bank Indonesia Samarinda, Androecia Darwis. Peresmian kantor capem dan kas syariah ini dibarengkan dengan peringan milad (hari ulang tahun) BPD Kaltim Syariah ke-3 yang jatuh pada 27 Desember 2009 lalu.

Gubernur-Wagub Dapat LC Rp 1,8 M

02 Februari 2010

Gubernur-Wagub Dapat LC Rp 1,8 M SAMARINDA – Tak hanya Menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II yang mendapat fasilitas mobil dinas (mobdin) baru, Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim rupanya juga mendapat mobdin mewah. Keduanya mendapat Mobdin merek Toyota jenis Land Cruiser (LC) ZX seri terbaru berwarna hitam. Dari situs www.otomotifnet.com didapatkan, satu unit mobdin itu senilai Rp 1,8 miliar. Dengan mesin anyar kapasitas 4.600 cc, Mobdin berpelumas bensin, konfigurasi V8, dual VVT-i berdaya maksimum 318 dk/5.600 rpm dengan torsi puncak 460 Nm/3.400 rpm. Dan kapasitasnya mencapai 4.600 cc.