Berita Terbaru

RSS

Depkominfo Bangun Sentral Data di Kaltim

31 Maret 2010

Depkominfo Bangun Sentral Data di Kaltim SAMARINDA – Provinsi Kaltim ditetapkan sebagai salah satu proyek pembangunan Desaster Recovery Centre (DRC) atau sentral data untuk kawasan Indonesia Timur oleh Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) Pusat. DRC Kaltim ini merupakan pusat data yang berfungsi sebagai backup (cadangan) untuk wilayah Indonesia bagian Timur terhadap fungsionalitas aplikasi SePP online yang berada di Data Pusat Data Depkominfo. Tujuannya dalam rangka antisipasi kerusakan atau kehilangan data akibat terjadinya bencana alam, kebakaran, huru hara dan lain-lainnya.

Batu Bara Kaltim Pasok PLTU Sumatra

30 Maret 2010

Batu Bara Kaltim Pasok PLTU Sumatra SAMARINDA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menetapkan lima perusahaan pemenang tender pemasok batu bara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) program 10.000 MW tahap I. Kelima perusahaan penyuplai “emas hitam” 2,7 juta ton senilai Rp1,1 triliun per tahun itu, salah satunya berasal dari Kaltim, yakni konsorsium PT Bina Insan Sukses Mandiri dan PT Tiramana. Perusahaan yang dipimpin HM Tajuddin Noor ini mendapat jatah lebih 67 ribu metriks ton per bulan atau sekitar 805 ribu ton setahun. Konsorsium yang memiliki konsesi Kuasa Pertambangan (KP) di Kutai Barat tersebut, melayani 6 PLTU dari 10 PLTU yang batu baranya ditender PLN untuk pembangkit luar Jawa.

DKP Genjot Aparatnya

30 Maret 2010

 DKP Genjot Aparatnya SAMARINDA—Berbagai upaya terus dilakukan dalam upaya mengembalikan citra Samarinda sebagai kota yang teduh rapi aman dan nyaman. Kali ini jajaran Pemkot Samarinda dipimpin Asisten II Sekretaris Kota Samarinda Ir H Zulfakar di ruang kerjanya, Rabu (24/3) kemarin, menggelar rapat koordinasi bersama instansi lintas sektor dalam hal ini Dinas Pasar, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, termasuk para Lurah dan beberapa pihak terkait lainnya, berkenaan pengelolaan sampah di titik lokasi seperti pasar serta kawasan lain. Kepala Dinas Pasar Kota Samarinda H Robby Hartono menyebutkan salah satu persoalan yang cukup mendasar saat ini adalah minimnya jumlah armada pengangkut sampah yang dimiliki pihaknya yang baru tersedia sebanyak 5 unit.

Bangunan Penunjang yang Belum Beroperasi

29 Maret 2010

Bangunan Penunjang yang Belum Beroperasi SAMARINDA. Belum berfungsinya beberapa bangunan penunjang di Kawasan Tepian Mahakam, seperti air mancur di patung pesut mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Kota (Discipkatakot) Samarinda, Yosep Barus. Barus mengaku belum mengetahui persis terkait tanggungjawab bangunan tersebut yang masih berada di bawah instansinya. "Soal bangunan penunjang di Tepian Mahakam belum kita cek. Nanti kami tanyakan dulu ke bidang-bidang saya," ujar Barus saat ditemui di gedung DPRD Kota Samarinda, beberapa waktu lalu.

Hingga Februari, Pendapatan IMB Rp 4,4 Miliar

29 Maret 2010

Hingga Februari, Pendapatan IMB Rp 4,4 Miliar SAMARINDA. Mempermudah urusan mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidak lain bagaimana untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) disamping meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Faktanya dari tahun ke tahun target pendapatan selalu ditingkat, dimana jika tahun lalu target Rp18 miliar, tahun 2010 menjadi Rp21,8 miliar, yang mana hingga akhir Februari sudah membukukan pendapatan Rp 4,4 miliar. "Alhamdulillah, hingga Februari kemarin pendapatan dari IMB sudah mencapai Rp 4,4 miliar. Sedangkan target pendapatan izin tempat usaha, tahun lalu Rp 3 Miliar untuk tahun ini Rp 4,5 Miliar.

Empat Tahun 340 KK Tak Dialiri Air

29 Maret 2010

 Empat Tahun 340 KK Tak Dialiri Air SAMARINDA - Sebanyak 340 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 6 Rukun Tetangga (RT) di perumahan Puspita Bengkuring Samarinda Utara mengeluhkan kinerja PDAM Samarinda yang dinilai mengabaikan kebutuhan dasar masyarakat. Ironisnya warga terus membayar biaya abodemen setiap bulan. Choirul Huda, salah satu warga menyebutkan, distribusi air yang tidak lancar sudah berlangsung selama 4 tahun terakhir. Bahkan warga berkali-kali mendatangi PDAM untuk kejelasan nasib mereka, namun selalu pulang dengan tangan kosong. “Dulu kalau ditelepon baru air ngalir. Tapi sekarang benar-benar nggak ada sama sekali. Bahkan tak ada respon sedikit pun,” kata Choirul Huda kepada Kaltim Post, kemarin.

Bukti Koordinasi di Pemkot Lemah

26 Maret 2010

Bukti Koordinasi di Pemkot Lemah SAMARINDA. Belum berfungsinya beberapa bangunan penunjang di Kawasan Tepian Mahakam, seperti air mancur patung pesut mengundang keprihatinan sejmlah pihak. Pengaman Perkotaan DB Parenoan menilai bahwa kondisi ini jelas mencerminkan jika koordinasi antar instansi di Pemkot Samarinda masih sangat lemah. Sejumlah bangunan di kawasan Tepian Mahakam khususnya yang ditujukan untuk keindahan estetika kota yang belakangan ini disoal, diakui Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Samarinda Marwansyah masih belum menjadi tanggungjawab pihaknya. Pasalnya proyek berupa bangunan air mancur di sebelah Jembatan Mahakam itu belum selesai pengerjaannya.

Produksi Gabah Defisit 8.417 ton

25 Maret 2010

Produksi Gabah Defisit 8.417 ton SAMARINDA – Upaya Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk menggerakkan sektor pertanian masih menemui sejumlah hambatan. Terbukti, berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kaltim, produksi Gabah Kering Giling (GKG) tahun 2009 lalu mengalami defisit. Dari target produksi 615.372 ton GKG, namun realisasinya hanya mencapai 606.955 ton. Itu artinya terjadi defisit 8.417 ton GKG di tahun 2009 tersebut. Imbas dari tidak tercapainya target itu, program Pemprov untuk swasembada beras Kaltim tahun 2009 lalu tidak tercapai. Bahkan jika tidak ada terobosan program untuk meningkatkannya, maka swasembada beras tahun 2010 sebagai upaya Pemprov dalam melaksanakan ketahanan pangan di Kaltim kembali tidak akan tercapai.

Gubernur Bisa Beri Sanksi Walikota-Bupati

25 Maret 2010

Gubernur Bisa Beri Sanksi Walikota-Bupati SAMARINDA. Walikota dan Bupati yang ingin mbalelo terhadap kebijakan yang sudah digariskan oleh Gubernur tampaknya harus lebih waspada atau berpikir dua kali, pasalnya Gubernur pun ternyata bisa memberikan sanksi kepada Walikota dan Bupati yang dianggap tak kooperatif. Hal itu terjadi setelah Peraturan Pemerintah (PP) 19 Tahun 2010 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Tugas, Wewenang Kedudukan Keuangan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah diberlakukan. Sehingga tugas dan fungsi Gubernur tidak hanya koordinatif saja, tetapi lebih dari itu sebagai Wakil Pemerintah Pusat.

AsMARA Berlanjut

24 Maret 2010

AsMARA Berlanjut SAMARINDA. Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda kembali memberikan layanan kesehatan yang tahun lalu dikemas dalam program Asuransi Kesehatan Masyarakat Samarinda (AsMARA) yang dikelola PT Asuransi Bumiputera Muda (BUMIDA). "Program layanan kesehatan untuk masyarakat Samarinda, Asmara tetap berlanjut. , Setelah melalui proses tender tahun ini kembali dikelola Asuransi BUMIDA yang tahun lalu melaksanakan program ini juga," ujar Wakil Walikota Samarinda H Syaharie Jaang, kemarin. Jaang menyebutkan, dilanjutkannya program layanan kesehatan Asmara ini setelah melalui evaluasi di masyarakat yang ternyata bermanfaat dan dibutuhkan.