Berita Terbaru

RSS

Wali Kota Minta Rumah Tua Dilestarikan

25 Januari 2010

Wali Kota Minta Rumah Tua Dilestarikan SAMARINDA—Wali Kota Samarinda Drs H Achmad Amins MM menitip pesan kepada wali kota berikutnya untuk membuat relief di makam Lamohang Daeng Mangkona pendiri kota Samarinda, yang akan menceritakan tentang sejarah-sejarah terkait berdirinya Samarinda. “Saya pesan agar nanti dibuatkan relief kepada walikota berikutnya, dan pembuatannya nanti serahkan ke seniman dan ahli sejarah. Saya harapkan bisa pertahankan warisan sejarah ini. Apalagi kalau nanti Pak Jaang yang terpilih, jangan sampai sejarah ini dihilangkan dan tolong buatkan relief,” ujar Amins ketika menyampaikan sambutan pada kegiatan ziarah ke Makam Pendiri Kota di Samarinda Seberang yang menjadi agenda rutin tiap hari jadi kota dan HUT Pemkot,

PU Kaltim Banyak Terima Usulan Pembangunan Jembatan

25 Januari 2010

PU Kaltim Banyak Terima Usulan Pembangunan Jembatan SAMARINDA. Sungai Mahakam yang membelah beberapa Kabupaten/kota di Kaltim, membuat keberadaan jembatan untuk mempermudah aktivitas masyarakat semakin dibutuhkan. Untuk saat ini saja setidaknya terdapat sekitar 5 jembatan yang sudah melintas di atas sungai terluas di Indonesia ini. Kelima jembatan ini, 2 di antaranya berada di Kota Samarinda. Yakni Jembtan Mahulu dan Jembatan Mahakam I. Sedangkan sisanya terdapat di Kabupaten Kutai Kartenagara (Kukar). Yakni, Jembatan di Kecamatan Anggana, di Kota Bangun dan Jembatan megah di Kota Tenggarong.

Bakrie Jajaki Pembangunan Tol di Kaltim

25 Januari 2010

Bakrie Jajaki Pembangunan Tol di Kaltim SAMARINDA. Usaha Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak meminta kontribusi maksimal terhadap perusahaan tambang di Kaltim, seperti PT KPC mulai membuahkan hasil. Berdasarkan informasi yang disampaikan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Irianto Lambrie, salah satu anak perusahaan Bakrie yang selama ini bergerak pada jenis usaha pembangunan infrastruktur menjajaki pembangunan Tol di Kaltim. "Kemarin kami sudah melakukan komunikasi awal untuk memulai rencana kerjasama ini. Sekarang beberapa persaratan dan prosudural masih terus digodok untuk memuluskan rencana kerjasama pembangunan To

Pilar Jembatan Mahakam Bergeser

25 Januari 2010

Pilar Jembatan Mahakam Bergeser SAMARINDA. Kondisi Jembatan Mahakam kian mengkhawatirkan. Pasca kembali ditabrak ponton pada Sabtu (23/1) siang lalu, pilar jembatan yang diresmikan pada 1988 lalu itu, bergeser. Ini pun semakin memperbesar peluang jembatan tersebut bisa ambruk sewaktu-waktu. Menurut Kasie Perencanaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim, Joko Setiyono, berdasarkan pengamatan visaulisasi sementara, akibat insiden tersebut, pilar III yang berada tepat di tengah Jembatan, bergeser beberapa centimeter.

UMK Samarinda Naik Rp.80.848

25 Januari 2010

UMK Samarinda Naik Rp.80.848 SAMARINDA- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Samarinda optimis di tahun 2010 lapangan kerja bisa terbuka lebar terutama sektor unggulan seperti kayu dan sektor tambang. "Kami optimis bisa lebih baik dari tahun kemarin," kata Kepala Disnaker Samarinda, Suko Sunawar kepada harian ini. Disnaker juga yakin Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tahun 2010 ini seperti tahun 2009 dimana PHK bisa diminimalisir. Sambil berharap sektor jasa dan perdagangan terus meningkat dan berdampak pada pengurangan 19.845 angka penganguran yang ada.

Nasib Pasar Ilegal Jl Jelawat Tak Jelas Tahun Ini Penataannya Tidak Dianggarkan

20 Januari 2010

Nasib Pasar Ilegal Jl Jelawat Tak Jelas Tahun Ini Penataannya Tidak Dianggarkan SAMARINDA. Keinginan warga Samarinda untuk melihat kawasan Jl Jelawat rapi tampaknya masih harus dipendam dalam-dalam, pasalnya, hingga akhir tahun 2010 ini, kondisi Jl Jelawat diperkirakan masih akan seperti itu. Terutama terkait pasar ilegal yang sudah setahun terakhir marak di sana. Pasalnya, hingga saat ini Pemkot belum memiliki anggaran untuk menatanya. Hal ini dikatakan Kabid Prasarana Kota Dinas Cipta Karya dan Penataan Kota (Discipkatakot) Hero Mardanus kepada Sapos belum lama ini. "Memang anggarannya masih sangat terbatas, dan tahun ini belum dianggarkan. Jadi rasanya belum memungkinkan untuk ditata," kata Hero kemarin.

Masih Ada Kepala Sekolah Rangkap Jabatan Disdik Harus Tegas, Banyak yang Sudah Layak

20 Januari 2010

Masih Ada Kepala Sekolah Rangkap Jabatan Disdik Harus Tegas, Banyak yang Sudah Layak SAMARINDA. Anggota DPRD kembali menyoroti kinerja Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda yang terkesan lamban, terutama terkait pengangkatan kepala sekolah. Masalahnya, hingga saat ini masih banyak jabatan kepala sekolah yang dirangkap, padahal kader untuk jabatan kepala sekolah banyak, hanya belum diberi kesempatan. Hal ini dikatakan anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda Chairul Huda kepada Sapos. Ia meminta, ini jadi perhatian Disdik Samarinda, sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan normal. Begitu juga perkembangan dan kemajuan sebuah sekolah benar-benar bisa diperhatikan. "Misalnya, ada beberapa sekolah yang kepala sekolahnya juga menjabat pengawas sekolah. Ini tentu saja tidak sehat, makanya harus segera dibuat kebijakan, sehingga rangkap jabatan itu tak terjadi," ujar Chairul Huda, kemarin.

250 PNS Terima Satyalancana Karya Satya Diserahkan Wawali Pagi Ini di Rumah Jabatan Walikota

19 Januari 2010

 250 PNS Terima Satyalancana Karya Satya Diserahkan Wawali Pagi Ini di Rumah Jabatan Walikota SAMARINDA. Salah satu acara inti memeriahkan hari jadi ke 342 kota Samarinda dan HUT ke-50 Pemkot tahun 2010, juga dilaksanakan penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI kepada 250 PNS di lingkungan Pemkot. Penghargaan ini atas pengabdian selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, di rumah jabatan walikota, Selasa (19/1) pagi ini. "Satyalancana Karya Satya ini diberikan untuk menghargai pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas sebagai PNS selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus," ujar ketua Panitia HUT Pemkot dan Hari Jadi kota tahun 2010 HM Fadly Illa SH MSi kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (18/1).

Pemkot Janji Lebarkan Jalan Jelawat Salah Satu Upaya Penertiban Pedagang Ilegal

18 Januari 2010

 Pemkot Janji Lebarkan Jalan Jelawat Salah Satu Upaya Penertiban Pedagang Ilegal SAMARINDA. Hingga kemarin, memang belum ada gerakan atau tindakan apapun dari Satpol PP untuk menertibkan pedagang yang saat ini mangkal di Jl Jelawat, menenuhi sepanjang pinggir jalan dan menyesakan arus lalu lintas di kawasan itu. Padahal sebelumnya, Pemkot melalui Sekretaris Kota (Sekkot) HM Fadly Illa SH Mi sudah berjanji segera memerintahkan Satpol PP untuk menertibkan kawasan itu, tetapi ia mengakui tergantung Satpol PP sebagai pelaksana penertiban tersebut. Menurutnya, memang tidak mudah membuat kawasan itu kembali seperti semula, tetapi pihaknya akan tetap berusaha. Salah satunya ya dengan melakukan pelebaran jalan di sana. Menurut hematnya, bila jalan itu dilebarkan, pedagang tidak akan lagi punya tempat untuk berjualan, karena seluruhnya jalan.

Kinerja Satpol PP Dipertanyakan Tidak Laksanakan Advis BPPTSP Terkait Penutupan 4 THM

18 Januari 2010

 Kinerja Satpol PP Dipertanyakan Tidak Laksanakan Advis BPPTSP Terkait Penutupan 4 THM SAMARINDA. Sejak dua pekan lalu, advis penutupan terhadap empat tempat hiburan malam (THM) yang dikeluarkan Badan Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda hingga kini belum dilaksanakan Satpol PP Kota Samarinda. Hal ini menggelitik pengamat perkotaan Drs DB Paranoan Msi menanggapi kinerja penegak Perda dan juga Pemkot Samarinda. Pasalnya, empat THM direkomendasikan untuk ditutup hingga kini belum juga direalisasikan. Bahkan anjuran untuk merehab plang nama usaha ternyata masih banyak yang belum melakukannya, sementara Satpol PP yang diminta melakukan pengawasan tidak jelas kinerjanya.