Berita Terbaru

RSS

Percepat Pembangunan, Gandeng Swasta

12 Januari 2010

Percepat Pembangunan, Gandeng Swasta SAMARINDA. Peranan pihak swasta memang dipandang sangat perlu untuk percepatan pembangunan. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus berupaya maksimal menarik investor untuk beramai-ramai membangun kota ini. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Pembangunan, Setkot Samarinda, Ananta Fathurozi baru-baru ini. Kata dia, kemajuan suatu wilayah, seharusnya tidak hanya murni dipandang menyangkut kinerja pemerintahnya. Tetapi juga harus dilihat pula sejauh mana peranan pihak swasta dalam ikut berkontribusi menata suatu wilayah.

Distamben Tantang Balik

12 Januari 2010

Distamben Tantang Balik SAMARINDA – Sorotan bertubi-tubi dari sejumlah anggota DPRD Samarinda terhadap kenirja Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Samarinda yang dinilai telah mengabaikan pansus batu bara dan mengeluarkan izin kuasa pertambangan (KP) yang jumlahnya mencapai 63 mendapat reaksi dari “kubu” Distamben Kepala Distamben (Kadistamben) Samarinda Rusdi AR mengatakan, KP yang ada di Samarinda sebenarnya sangat jelas untuk peruntukan kota. Artinya, selama ini KP yang ada izinnya karena ada wacana untuk pengembangan kota, sehingga peruntukannya jelas. “Bekas lokasi tambang, sudah ada site plan untuk pengembangan kota.

Pilkada Aman, Kota Kondusif

11 Januari 2010

Pilkada Aman, Kota Kondusif SAMARINDA—Memasuki Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Samarinda tahun 2010 ini, tak bisa dipungkiri persaingan-persaingan menuju Samarinda 1 begitu deras, sehingga untuk mempertahankan kondusifitas kota Samarinda, semua pendukung calon agar tak mudah terpancing propaganda yang menyudutkan salah satu calon. “Memasuki tahun 2010 ini, sudah banyak baliho-baliho dan pemberitaan seputar calon-calon wali kota dan wakil wali kota. Kepada semua pendukung calon unggulan agar tak mudah terpancing propaganda dari calon lain ataupun provokator yang sengaja merusak kondusifitas kota Samarinda,”

Segera Luruskan Fungsi Puskesmas

11 Januari 2010

Segera Luruskan Fungsi Puskesmas Program pemerintah memberikan dana bantuan operasional kesehatan guna memberdayakan pusat kesehatan masyarakat hendaknya didahului dengan pemulihan dan pelurusan fungsi puskesmas yang dianggap mulai melenceng. Pemberian bantuan juga harus sesuai dengan kebutuhan. Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah akan meningkatkan kinerja 8.500 puskesmas di bidang pelayanan kesehatan promotif dan preventif meliputi program Keluarga Berencana, gizi, imunisasi, promosi kesehatan, dan pencegahan penyakit dengan bantuan operasional kesehatan (BOK).

Kerja Komisi Gabungan Tinggal 12 Hari

11 Januari 2010

Kerja Komisi Gabungan Tinggal 12 Hari SAMARINDA – Batas waktu sebulan yang diberikan Pimpinan DPRD Kaltim kepada komisi gabungan untuk menyelesaikan persoalan divestasi saham PT Kaltim Prima Coal (KPC) tinggal 12 hari. Komisi gabungan yang terdiri Komisi I dan II ini harus mengakhiri tugasnya 23 Januari. Namun sejauh ini praktis belum ada apa pun yang dihasilkan komisi tersebut. Ketua Gabungan Komisi I dan II DPRD Kaltim Aji Sofyan Alex berdalih, belum adanya SK Pimpinan Dewan soal pembentukan Komisi Gabungan ini akan menghambat kinerja mereka. Pihaknya tidak bisa memanggil instansi lain seperti KPC, PT Bumi Reources (BUMI) dan lainnya.

Pidato Terakhir Akhmad Amins

08 Januari 2010

Pidato Terakhir Akhmad Amins SAMARINDA—Meski beragam varian kegiatan mewarnai Hari Jadi Kota Samarinda ke 342 dan HUT ke 50 Pemkot Samarinda, acara intinya wajib hukumnya dilaksanakan, tanpa mengurangi makna dari peringatan hari bersejarah kota dan Pemkot Samarinda tahun 2010 yang mengusung tema ”Dengan Semangat Hari Jadi Kota Samarinda ke 342 dan HUT ke 50 Pemkot Samarinda, kita tingkatkan pelayanan masyarakat dan sukses Pemilu Kepala Daerah 2010”. Pada Kamis 21 Januari, jam 8 pagi dilaksanakan upacara parade hari jadi kota dan HUT pemkot di halaman Parkir Segiri dengan pimpinan upacara Wali Kota Samarinda Achmad Amins.

Realisasikan Anggaran Berdasarkan Laporan Kinerja

08 Januari 2010

Realisasikan Anggaran Berdasarkan Laporan Kinerja PEMKOT Samarinda diminta lebih selektif dalam mengucurkan anggaran kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pemkot juga diusulkan untuk menerapkan realisasi anggaran parsial by report. Yakni merealisasikan anggaran setelah ada laporan atas kinerja dari masing-masing SKPD. "Jadi laporan atas kinerja terhadap SKPD itu akan mempengaruhi terhadap besarnya anggaran yang dikucurkan. Jika ada laporan atas kinerja, baru anggaran bisa direalisasikan," ungkap anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Samarinda Nursobah PEMKOT Samarinda diminta lebih selektif dalam mengucurkan anggaran kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Awang Siap Hadapi Gugatan Aidil

08 Januari 2010

Awang Siap Hadapi Gugatan Aidil SAMARINDA — Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengaku tak gentar dengan gugatan yang dilayangkan Aidil Fitri di PTUN Samarinda senilai Rp 500 miliar, imbas dari dirinya yang menerbitkan Surat Keputusan (SK) PAW terhadap Aidil dari keanggotannya di DPRD Samarinda. "Saya siap hadapi dong. Karena saya juga menerbitkan SK PAW itu sudah sesuai dengan prosedur dan tata hukum yang berlaku. Jadi silakan saja Aidil menggugat saya di PTUN Samarinda," kata Awang, Kamis (7/1) di Hotel Bumi Senyiur. Menurutnya, SK PAW diterbitkan sudah melalui proses, mulai dari Partai Patriot, DPRD Samarinda, KPUD Samarinda, Walikota Samarinda.

Listrik dan Jalan Tol Prioritas

07 Januari 2010

Listrik dan Jalan Tol Prioritas SAMARINDA, - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak kembali membeberkan program prioritas pembangunan yang akan dilaksanakannya di tahun 2010 ini. Jika dulu atau baru-barunya dia menjabat Gubernur hanya berjumlah 10 program, maka kali ini jumlahnya bertambah lima menjadi 15 program prioritas. Pada 2010 ini, Awang menempatkan penyelesaian atas penggunaan lahan tanah yang dikaitkan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) pada posisi pertama. Sebab menurutnya, penyelesaian RTRWP adalah modal utama dan sangat vital dalam menggerakkan pembangunan di Kaltim ke depan.

Mendesak Pembangunan Tiga Poros Jalan Free Way

07 Januari 2010

Mendesak Pembangunan Tiga Poros Jalan Free Way SAMARINDA - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek mengatakan, pemerintah pusat menetapkan Kaltim sebagai kluster industri berbasis oleo chemicals. Untuk itu, infrastruktur harus dibenahi. "Pembangunan tiga poros jalan free way antara Balikpapan dan Samarinda perlu segera dilakukan," kata Awang dalam Silaturahim Gubernur Kaltim dengan peserta Kaltim Summit 2010 di Samarinda,Silaturahim dihadiri oleh Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat. Menurut dia, pembenahan infrastruktur meliputi bandara udara, jalan, jembatan, dan pelabuhan, serta pembangunan pembangkit tenaga listrik. Untuk listrik, tahun 2013 Kaltim ditargetkan akan memiliki 960 megawatt. Kaltim merupakan provinsi kedua terluas, setelah Papua.