Berita Terbaru

RSS

1500 Orang Serbu Kejari

15 Desember 2009

1500 Orang Serbu Kejari SAMARINDA, - Sebanyak 1500 orang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pemerhati Olahraga Samarinda, mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda Jl M Yamin, Senin (14/12), pukul 10.30. Mereka menuntut jaksa segera menangkap Aidil Fitri dan menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi yang terjadi di tubuh Persisam Putra tahun 2007 lalu. Massa dengan jumlah besar ini mendatangi kantor Kejari, menggunakan angkutan truk, mobil angkot carteran dan membawa pengeras suara. Tiba di lokasi, massa berkumpul hingga meluber ke jalan dan membuat blokade satu arus jalan raya. Massa juga membakar ban bekas dan membawa keranda dengan kain hitam bertanda kematian bagi hukum. Aksi dijaga ketat aparat Poltabes Samarinda di pintu masuk kantor Kejari.

Wawali Sisiri SKM (Lagi) Banyak Tumpukan Sampah, Prioritaskan Penanganan Banjir

15 Desember 2009

Wawali Sisiri SKM (Lagi) Banyak Tumpukan Sampah, Prioritaskan Penanganan Banjir SAMARINDA. Pemkot Samarinda yang dipimpin Wakil Walikota H Syaharie Jaang kembali menyisir Sungai Karang Mumus (SKM) untuk meninjau kegiatan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Karang Mumus, yang selama beberapa waktu mengalami penyempitan dan pendangkalan, akibat timbunan sampah dan perumahan warga yang dibangun di tepian sungai. Tim berangkat menggunakan 2 speed boat untuk menyusuri SKM, dengan menyisir kawasan pasar Sungai Dama, Jl. Kehewanan, Pasar Segiri, kawasan Unmul, hingga masuk kawasan Kelurahan Gunung Lingai. Rombongan dibuat "takjub" dengan pemandangan di sepanjang SKM yang didominasi timbunan sampah dan perumahan warga yang menjorok ke arah sungai, dengan hanya menyisakan lebar 4 sampai 5 meter saja dari lebar DAS Karang Mumus yang seharusnya mencapai 15 meter.

DPRD Medan Akui Terobosan Pemkot Dalam Hal Peningkatan Kualitas Pendidikan

15 Desember 2009

 DPRD Medan Akui Terobosan Pemkot Dalam Hal Peningkatan Kualitas Pendidikan SAMARINDA–Sebagai kota dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi, Medan, Sumatera Utara menyimpan sejumlah persoalan tersendiri dalam hal kebijakan pembangunan, khususnya bidang pendidikan. Guna mencari informasi sebagai bahan pembanding, Komisi B DPRD kota dengan 21 Kecamatan, 151 Kelurahan serta 3.000 Kepala Lingkungan tersebut, memilih studi banding ke Pemkot Samarinda, Jumat (4/12) kemarin. Di hadapan jajaran Pemkot Samarinda yang dipimpin Asisten III Drs H Diwansyah MSi dan Kepala Dinas Pendidikan Hary Murti, rombongan tamu berjumlah 8 orang ini mempertanyakan alokasi anggaran pendidikan Samarinda, serta upaya pembinaan pemerintah terhadap kelompok usaha kesehatan sekolah (UKS). “Karena sejauh informasi yang kami terima saat ini, Samarinda banyak melakukan terobosan kebijakan dalam bidang pendidikan,” lontar H Teguh Bahrumsyah SH dari tim DPRD Medan.

Sparkling Samarinda 2010

14 Desember 2009

Sparkling Samarinda 2010 SAMARINDA. Perayaan HUT Pemkot Samarinda ke 50 (emas) dan Hari Jadi kota Samarinda ke 342 tahun 2010 dengan mengambil title "Sparkling Samarinda 2010", dijamin bakal lebih meriah lagi dibanding kemeriahan tahun 2009 kemarin. Ayo datang ke Samarinda!!!. Menurut Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Kota (Setkot) Samarinda HM Faisal SSos MSi, HUT Pemkot dan Hari Jadi kota Samarinda tahun 2010 yang jatuh tepat pada 21 Januari, tahun ini bakal kembali meriah dengan berbagai event yang bakal dirasakan semua elemen masyarakat.

Demo Stop Pengerukan SDA

14 Desember 2009

Demo Stop Pengerukan SDA SAMARINDA, - Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Forum Satu Bumi menyerukan stop pengerukan sumberdaya alam yang berakibat pada kerusakan ekologis di muka bumi. Aksi ini dilancarkan seiring digelar Konferensi Perubahan Iklim di Kopenhagen, Denmark, 7-18 Desember 2009. Mereka menggelar aksi di simpang empat Mal Lembuswana, Samarinda, Sabtu (12/12). Kami tidak menyangkal perubahan iklim yang terjadi saat ini merupakan manifestasi dari kegagalan sistem ekonomi dan model pembangunan global lingkungan hidup," kata Ayi, Korlap Forum Satu Bumi,

Komitmen Bangun Sektor Kepelabuhan

14 Desember 2009

Komitmen Bangun Sektor Kepelabuhan SAMARINDA. Komitmen membangun sektor kepelabuhan di kota Samarinda terlihat dalam acara pisah sambut GM PT Pelindo IV Cabang Samarinda, baik dari walikota, PT Pelindo maupun pihak Administrator Pelabuhan (Adpel) Samarinda, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Jumat (11/12) malam. "Saat ini kita sedang dihadapkan pada tugas yang berat pada berbagai persoalan yang bersifat nasional maupun regional, termasuk di bidang perhubungan laut. Hal ini masih dipertajam dengan semakin besarnya tuntutan-tuntutan yang beragam dan kompleks dari masyarakat sebagai dampak positif dari pembangunan," kata Walikota Drs H Achmad Amins MM.

Pemkot Akhirnya Pasrah

14 Desember 2009

Pemkot Akhirnya Pasrah SAMARINDA. Sejak awal pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) di Sungai Siring, Samarinda Utara menuai masalah. Puncaknya ketika PT Nuansa Cipta Realtindo (NCR) dinilai tak mampu melanjutkan megaproyek tersebut. Itu pun setelah tim teknis dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) turun untuk melakukan pemeriksaan. Bahkan, tender ulang untuk menentukan siapa kontraktor yang akan membangun kembali bandara itu segera dilakukan. Kini bola panas pembangunan Bandara Sungai Siring ada di tangan Pemprov Kaltim, sementara Pemkot Samarinda pasrah saja, siap menerima apapun keputusan.

Penyaluran Bansos Harus Diperketat

14 Desember 2009

Penyaluran Bansos Harus Diperketat SAMARINDA. Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Saparuddin meminta kepada pemerinta untuk bisa lebih ketat dan selektif dalam mengalokasikan bantuan sosial (bansos) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kepada masyarakat. Menurutnya harus ada verifikasi ketat untuk organisasi, maupun LSM calon penerima bansos. Menurut Saparuddin, hal itu bisa diawali dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim."Dewan juga bisa turut serat melakukan hal ini. Dan itu bisa diawali dari pembahasan di banggar," tegasnya. Setiap tahunnya, ribuan proposal permohonan bansos menumpuk di DPRD Kaltim maupun Pemprov Kaltim untuk diseleksi permohonan anggarannya.

Ditargetkan Cuma 90 Persen

11 Desember 2009

Ditargetkan Cuma 90 Persen SAMARINDA. Daya serap anggaran yang tersedia untuk membangun proyek infrastrukur di Kaltim pada tahun ini hanya ditarget mencapai 90 persen. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim Husinsyah mengatakan, sampai awal Desember ini daya serap anggaran baru mencapai 85 persen. Namun mendekati akhir tahun nanti, jumlah tersebut akan meningkat. Dan diprediksi akan mencapai 90 persen. Mengapa tidak sampai 100 persen? Husinsyah menjelaskan, tidak terserapnya semua anggaran yang dialokasikan, bukan karena kinerja intansinya yang tidak maksimal. Tetapi ada beberapa proyek yang dalam proses pengerjaannya mengalami efisiensi.

15 Desember RAPBD Disahkan

11 Desember 2009

15 Desember RAPBD Disahkan PANITIA Anggaran (Panggar) eksekutif kemarin telah menyampaikan Nota Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran (TA) 2010, kepada anggota DPRD Kota Samarinda. Diketahui, RAPBD 2010 yang akan disahkan mencapai sekitar Rp2,4 triliun. Dikatakan Sekretaris DPRD Kota Samarinda Drs H Hermanto M Hum kepada harian ini kemarin, untuk pos pendapatan mencapai Rp1,7 triliun. Sementara pendapatan asli daerah (PAD) mencapai sekitar Rp563 miliar. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, PAD tahun 2010 merupakan yang tertinggi. "Itu karena ada optimalisasi terhadap bank tanah yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga,