Berita Terbaru

RSS

Unmul Geluti Usaha Kebun Sawit

14 September 2009

Unmul Geluti Usaha Kebun Sawit SAMARINDA, - Rektor Unmul Ariffien Bratawinata menegaskan, adanya sejumlah dosen dan anggota Senat Unmul yang kontra terhadap rencana pengalihan segera status Unmul menjadi Badan Hukum Pendidikan (BHP), tidak akan mengubah sikap universitas melanjutkan usulan kenaikan status. Unmul menurutnya telah matang mempersiapkan kenaikan status ini, termasuk jenis usaha yang akan ditekuni guna mendukung biaya operasional yang diperlukan Unmul yang mencapai Rp 500 miliar/tahun.Untuk itu Unmul akan menggeluti usaha perkebunan karet dan sawit, selain usaha- usaha pengelolaan KRUS, training center, penyewaan GOR/auditorium, hotel serta kerjasama penelitian dan pendidikan dengan berbagai pihak.

Terancam Tak Raih Adipura Lagi

14 September 2009

Terancam Tak Raih Adipura Lagi SAMARINDA. Bertahun-tahun Kota Samarinda mendambakan Adipura sebagai penghargaan terhadap kota yang mampu menata lingkungannya secara baik dan bersih. Namun bertahun-tahun itu pula Samarinda terus gagal untuk meraih penghargaan berskala nasional tersebut. Bahkan, 2010 nanti diprediksi akan kembali gagal diraih. Itu bukan lantaran tak adanya upaya instansi teknis terkait untuk membenahi kota ini. Tetapi karena belum adanya sinkronisasi antara program pemerintah dengan dukungan masyarakat, terutama pihak pengusaha swasta.

Manajemen Plaza Mulia dan RSHD Minta Pertimbangan

10 September 2009

 Manajemen Plaza Mulia dan RSHD Minta Pertimbangan SAMARINDA – Hearing (dengar pendapat) mengenai kasus Plaza Mulia dan parkir RSHD memasuki tahap pengambil kebijakan. Anggota DPRD Samarinda meminta pembangunan kedua proyek dihentikan sementara sambil menunggu keputusan wali kota Samarinda. Hearing yang dilaksanakan Senin (7/9) sekira pukul 22.00 Wita, di ruang rapat utama DPRD Samarinda, dihadiri Sekkot Fadli Illa, dan beberapa Kepala Dinas instansi terkait, serta pemilik Plaza Mulia H Alung dan Direktur Rumah sakit Haji Darjad (RSHD) Sj Sambiya.

Tiga Investor Tertarik Benahi Pasar Segiri

09 September 2009

Tiga Investor Tertarik Benahi Pasar Segiri SAMARINDA, - Kebakaran di Pasar Segiri menimbulkan kerugian besar bagi pemilik rumah toko (ruko) yang bangunannya ludes dilalap api. Tapi bagi pengusaha lain, kebakaran itu justru mendatangkan peluang bisnis yang menggiurkan. Terbukti, sehari pasca- kebakaran, sudah tiga calon investor yang menyatakan minatnya untuk membangun kembali bangunan ruko yang ludes di Blok A tersebut. Minat ketiga investor itu dinyatakan kepada Kepala Dinas Pasar dan Penataan PKL Samarinda, Robby Hartono. "Sampai saat ini sudah ada tiga investor lokal yang berminat membangun.

Walikota Janji Menata Ulang

08 September 2009

Walikota Janji Menata Ulang SAMARINDA. Tiga kali kebakaran yang terjadi dalam seminggu terakhir atau 7 kali selama Ramadan ini, membuat Walikota Drs H Achmad Amins MM prihatin. Ia mengaku terus mengikuti perkembangan yang terjadi, termasuk kebakaran terakhir di Pasar Segiri, Senin (7/9) dini hari kemarin sekitar pukul 02.50 Wita, walaupun saat ini sedang berada di luar kota. Amins pun meminta beberapa instansi terkait segera mengatasi masalah yang mungkin saja muncul. Tidak hanya terkait soal upaya pemadaman, tetapi juga akibat dari kebakaran tersebut. Misalnya penjarahan dan kenaikan harga barang.

Api Berkobar 16 Jam, Kerugian Rp200 M Puluhan Ruko di Pasar Segiri Jadi Arang

08 September 2009

Api Berkobar 16 Jam, Kerugian Rp200 M Puluhan Ruko di Pasar Segiri Jadi Arang SAMARINDA. Kebakaran hebat melanda Pasar Segiri, Jl Pahlawan, Senin (7/9) dini hari kemarin sekitar pukul 02.50 Wita. Itu adalah kebakaran yang ketujuh selama Ramadan tahun ini. Meski "hanya" 49 rumah toko (ruko) yang terbakar, namun kerugian yang ditimbulkan begitu fantastis. Menurut Kepala Dinas Pasar Kota Samarinda Robby Hartono, kerugian ditaksir mencapai Rp200 miliar. Api begitu sulit dipadamkam. Bahkan api terus saja berkobar selama 16 jam atau hingga pukul 19.00 Wita. Ini akibat ruko yang terbakar merupakan gudangnya sembako, kain dan plastik. Ada 2 versi mengenai asal mula api. Ada yang menyebut dari UD Surya Indah yang berada di bagian depan Pasar Segiri dekat los pedagang sayur. Ada juga yang mengatakan, api muncul pertama kali dari UD Sumber Agung yang berada di sebelahnya.

Gubernur Minta Cepat,Pengesahan RTRWP Kaltim

07 September 2009

Gubernur Minta Cepat,Pengesahan RTRWP Kaltim SAMARINDA. Dunia usaha Kaltim khususnya yang bergerak di sektor perkebunan dan kehutanan kembali harus menahan nafas. Pasalnya, target pengesahan Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kaltim dipastkan kembali molor. Bahkan, kepastian tersebut diungkapkan langsung Menteri Kehutanan MS Ka'ban saat melakukan kunjungan kerja ke Kaltim belum lama ini. MS Ka'ban mengakui bahwa pihaknya banyak menemui kendala di lapangan untuk segera menyelesaikan RTRWP Kaltim. Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut mengatakan tak mudah untuk segera mengesahkan RTRWP.

Penghargaan Bankaltim Bertambah

07 September 2009

Penghargaan Bankaltim Bertambah SAMARINDA – Sepanjang 2009 ini, berbagai penghargaan berhasil disabet Bankaltim. Koleksi penghargaan itu pun bertambah setelah Rabu (2/9) lalu, Unit Usaha Syariah Bankaltim berhasil menyabet penghargaan The Best Unit Usaha Syariah alias Unit Usaha Syariah Terbaik, untuk kategori aset di bawah Rp 500 miliar versi Majalah Investor. Penghargaan itu diterima Direktur Kepatuhan Bankaltim Zainuddin Fanani bersama Pemimpin Divisi Unit Usaha Syariah Bankaltim Siti Nurbani. Penghargaan lain yang berhasil didapat bank pelat merah ini adalah dari Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) berupa Adiupaya Puritama 2009. Penghargaan diberikan untuk kriteria tertentu atas komitmen konsistensi dan kinerja dalam pelaksanaan program kredit pemilikan rumah sederhana sehat (KPRSH) bersubsidi, untuk kelompok bank milik pemda.

Perekonomian Kaltim Tangguh Hadapi Krisis Global

07 September 2009

Perekonomian Kaltim Tangguh Hadapi Krisis Global SAMARINDA. Jumlah warga miskin di Provinsi Kaltim 2009 ini turun sebanyak 47.220 jiwa. Keadaan tersebut patut dibanggakan karena menandakan daerah kaya sumber daya alam tersebut tidak terpengaruh dengan krisis ekonomi global. ”Beberapa waktu lalu, dunia mengalami krisis ekonomi global. Bahkan hingga saat ini di sejumlah negara dampaknya masih terasa. Namun di Kaltim jumlah warga miskin justru turun, tentu saja ini sangat menggembirakan.Dari penurunan jumlah warga miskin itu menurutnya merupakan gambaran bahwa Kaltim tidak terpengaruh dengan krisis ekonomi global yang mulai dirasakan hampir seluruh negara di dunia sejak 2008 lalu.

Jangan Korbankan Taman Kota

07 September 2009

Jangan Korbankan Taman Kota SAMARINDA. Pemberian izin peminjaman oleh Pemkot Samarinda kepada Manajemen Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) untuk membangun lahan parkir di taman kota di Jl Basuki Rahmat, menuai reaksi keras. Seperti yang disampaikan pengamat kota dari Universitas Mulawarman (Unmul) Drs DB Paranoan MSi. Menurut dia, kebijakan Pemkot tersebut sangat keliru, karena mengabaikan kepentingan masyarakat banyak. Pasalnya, kata dia, kondisi lingkungan Samarinda saat ini memang sudah sangat panas. Karena itu, membutuhkan banyak tanaman hijau sebagai penyejuk kota.