Tugas Pokok dan Fungsi Bappeda Kota Samarinda

BAPPEDA merupakan unsur pelaksana tugas tertentu dalam menunjang penyelenggaraan Pemerintah Daerah khususnya di bidang perencanaan pembangunan daerah.

BAPPEDA dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.

BAPPEDA mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam menentukan kebijaksanaan di bidang perencanaan pembangunan daerah serta penilaian atas pelaksanaannya. BAPPEDA mempunyai fungsi:

  • Penyusunan Pola Dasar Pembangunan Daerah yang terdiri dari pola umum jangka panjang dan pola umum perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu satu sampai lima tahun
  • Penyusunan Rencana Strategis Pembangunan Tahunan Daerah (Renstra Petada) dan Rencana Strategis Pembangunan Lima Tahunan Daerah (Renstra Pelitada).
  • Penyusunan program-program tahunan sebagai pelaksanaan rencana-rencana yang dibiayai oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur dan atau diusulkan kepada Pemerintah Pusat atau diusulkan melalui program Tahunan Nasional.
  • Pengkoordinasian perencanaan di antara dinas-dinas, satuan organisasi perangkat daerah lain dalam lingkungan Pemerintah Kota Samarinda.
  • Penyusunan RAPBD Kota Samarinda bersama-sama dengan Bagian Keuangan dan Bagian Pembangunan dengan koordinasi Sektretariat Daerah.
  • Penyiapan dan Pengembangan pelaksanaan rencana pembangunan di daerah untuk penyempuranaan rencana lebih lanjut.
  • Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan serta pelaporan hasil pelaksanaan.
  • Pelaksanaan administratif meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keungang perlengkapan dan peralatn lingkup BAPPEDA.
  • Pengelelolaan dan pembinaan UPT di bidang BAPPEDA.
  • Pelaksanaan tugas lain yang dilimpahkan dan atau didelegasikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan bidang tugasnya.

BAPPEDA Kota Samarinda memiliki unit-unit kerja yang masing-masing tugasnya dapat dilihat pada halaman-halaman berikut ini:

Tata Kerja

Kepala BAPPEDA dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretariat Daerah.

Dalam melaksanakan tugas setiap pimpinan unit organisasi dan kelompok tenaga fungsional wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik dalam lingkungan masing-masing maupun antar satuan organisasi di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda serta Instansi lain di luar Pemerintah Kota sesuai dengan tugas masing-masing

Setiap pimpinan satuan organisasi wajib mwngawasi bawahannya masing-masing da bila terjadi penyimpangan agar diambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Setiap pimpinan satuan organisasi bertanggung jawab memimpin dan mengkoordinasikan bawahan masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahannya.

Setiap pimpinan satuan organisasi wajib mengikuti dan mematuhi petunjuk dan bertanggung jawab kepada atasan masing-masing dan menyiapkan laporan berkala tepat pada waktunya.

Setiap laporan yang diterima oleh pimpinan satuan organisasi dari bawahannya wajib diolah dan dipergunakan sebagai bahan untuk penyusunan laporan lebih lanjut dan untuk memberikan petunjuk kepada bawahan.