Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Kota Samarinda

Berita

Rabu, 15 November 2017 | Oleh: iin

Tahun Depan Kota Tepian Dapat Kuota 10.500 Sertifikat Tanah Gratis

Foto:

SAMARINDA - Kabar gembira.Tahun depan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Samarinda menargetkan penyelesaian sertifikasi 10.500 bidang tanah di Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).Hal ini diungkapkan Kepala BPN Samarinda, Herman Hidayat, Selasa (14/11/2017). 

Herman mengungkapkan, 2017 ini, BPN Samarinda mendapat kuota menyelesaikan 4.600 bidang tanah.“Tahap pertama 600 bidang sudah selesai, dan sudah diserahkan Pak Jokowi di Balikpapan, beberapa waktu lalu,” kata Herman, didampingi M Aidi, Kasi Tata Usaha di BPN Samarinda.Untuk melaksanakan program sertifikasi tanah gratis di tahun depan, kata Herman, pihaknya sudah menggandeng pihak kecamatan.“Jadi, kita minta camatnya sosialisasi ke warga. Sehingga, warga sudah menyiapkan berkas-berkasnya sejak sekarang. Jadi, diawal 2018, kita sudah bisa pegang berkas masyarakat,” ujar Herman

Dalam sosialisasi, BPN membawa serta kepolisian untuk menyaksikan bahwa Program PTSL, benar-benar gratis.“Tahun depan mungkin banyak di Palaran. Kami sudah beberapa kali berkoordinasi dengan Camat Palaran,” ungkap Herman. PTSL 2017 Samarinda tersebar di lima kelurahan yakni Kelurahan Masjid, Tenun, Sambutan, Mangkupalas dan Rapak Dalam.Herman mengaku, pihaknya harus bekerja lembur untuk menyelesaikan target tersebut.“Saya pernah sampai jam 01.00 malam. Ini pegawai saya tiap hari pulang jam 22.00 terus. Sekarang bayar listrik BPN di sini naik terus, dan kesehatan menurun, karena lembur terus,” kata Herman sambil tertawa.Herman juga memastikan, BPN tak memungut biaya apapun dalam penerbitan sertifikat tanah, via PTSL.“Kan sudah dibiayai negara semua. Kalau ada biaya, mungkin di kelurahan, untuk beli materai dan sebagainya. Tapi kalau di BPN, saya pastikan tidak ada,” tutur Herman. (*)

Berita Terkait