Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Kota Samarinda

Berita

Senin, 15 Mei 2017 | Oleh: admin

Transformasi Ekonomi Perlu Dukungan Infrastruktur

Foto:

SAMARINDA – Di tengah menurunnya kekuatan ekonomi Kaltim, dampak turunnya harga komoditas utama seperti batubara dan Migas, mau tak mau membuat transformasi ekonomi harus berjalan mulus. Namun demikian, upaya tersebut merupakan kerja panjang, dan sangat memerlukan dukungan dari infrastruktur yang memadai.

Hal tersebut diungkapkan Manajer Komunikasi Kebijakan Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indnesia Kaltim Rifky Ismail. Catatan Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi Kaltim tahun 2016 lalu negatif 0,38 persen, tren perbaikan pertumbuhan ekonomi akibat membaiknya harga komoditas pada awal tahun 2017, juga tak bisa menjamin perekonomian Kaltim akan bangkit, jika masih mengandalkan sektor batubara dan Migas.“Pemerintah Provinsi Kaltim, mesti membuat baseline, dan arah yang jelas, terhadap arah transformasi ekonomi yang diinginkan,” ujarnya ditemui di Samarinda.

Diversifikasi industri juga perlu dilakukan, menurut dia, Kaltim mesti memanfaatkan sumber-sumber lain, atau mengembangkan sumberdaya yang ada. Ia menyebut, sektor industri menjadi yang paling potensial, dalam transformasi ekonomi.Dicontohkannya, bahwa Kaltim dengan SDA yang melimpah, bisa saja membuat industri chemical, berbasis SDA. Ia juga mengapresiasi langkah Pemprov Kaltim, yang secara perlahan tengah membidik sektor tersebut.

 

Transformasi ekonomi di Kaltim saya berjalan ya, saya rasa Pemerintah juga sudah memasukkan pembangunan infrastruktur pendukung, dalam RPJMD, atau RKPD nya


"Transformasi ekonomi di Kaltim saya berjalan ya, saya rasa Pemerintah juga sudah memasukkan pembangunan infrastruktur pendukung, dalam RPJMD, atau RKPD nya,”"paparnya.Ia melanjutkan, Kpw BI Kaltim juga telah memberikan dorongan, dengan menyampaikan hasil riset mengenai sektor potensial untuk transformasi ekonomi. Ia mengaku mengapresiasi upaya pemerintah membangun pembangkit listrik 2X100 MW bagi kebutuhan industri di kawasan Pelabuhan Kariangau Balikpapan. Listrik tersebut juga dapat dinikmati untuk rumah tangga.