Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Kota Samarinda

DETAIL

Oleh: Admin

Bidang Sekretariat

Sekretariat Umum

Sekretariat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan program dan pelaporan urusan  umum dan kehumasan, kepegawaian, ketatalaksanaan, perlengkapan dan administrasi keuangan.

Sekretariat dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsun kepada Kepala Badan.

Sekretariat membawahkan sub bagian yang dipimpin oleh kepala sub bagian dan bertanggungjawab langsung kepada sekretaris.


 

Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut : 

  • Penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan kesekretariatan;
  • Pengoordinasian penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  • Pengoordinasian penyusunan dan pelaksanaan Rencana Kerja Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran;
  • Pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  • Pengelolaan urusan kehumasan, keprotokolan, kepustakaan, dan layanan informasi dan pengaduan;
  • Pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;
  • Pengelolaan anggaran Badan;
  • Pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  • Pelaksanaan verifikasi surat pertanggungjawaban keuangan;
  • Pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  • Fasilitasi penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar  Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
  • Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat/pelanggan;
  • Pengelolaan pengaduan masyarakat sesuai tugas fungsi Badan;
  • Pengelolaan informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Pembantu;
  • Pengoordinasian pengelolaan data, pengembangan sistem teknologi informasi/aplikasi untuk aplikasi yang digunakan lintas bidang pada Badan;
  • Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  • Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  • Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Sekretariat Umum terbagi menjadi tiga Sub Bagian yaitu, Sub Bagian Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Perencanaan Program.

 

Sub Bagian Umum dan Kepegawian


Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  • Melaksanakan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, dan ketatausahaan;
  • Mengelola tertib administrasi perkantoran dan kearsipan
  • Melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan mempersiapkan sarana prasarana kantor; 
  • Menyusun rencana kebutuhan alat-alat kantor, barang inventaris kantor/rumah tangga;
  • Melaksanakan pengadaan, pemeliharaan sarana, prasarana kantor dan pengelolaan inventarisasi barang;
  • Melaksanakan pencatatan, pengadministrasian dan pengelolaan barang daerah dan aset daerah yang menjadi tanggung jawab Badan;
  • Melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan Badan;
  • Mempersiapkan  penyelenggaraan   bimbingan   teknis   tertentu   dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai;
  • Menyelenggarakan administrasikepegawaian  dan  penempatan  pegawai non struktural dan fungsional;
  • Menyusun bahan pembinaan kedisiplinan pegawai;
  • Menyiapkan dan memproses usulan pendidikan dan pelatihan pegawai;
  • Mengelola informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi pembantu melalui website maupun permintaan data langsung;
  • Menyusun tatalaksana dan Standar Pelayanan penanganan pengaduan dan pemberian informasi, melaksanakan tugas kehumasan dan keprotokolan;
  • Memfasilitasi penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
  • Membuat pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi;
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah; dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku. mengelola tertib administrasi perkantoran dan kearsipan;
     

Sub Bagian Keuangan


Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas:

  • Mengelola Keuangan dan mengusulkan Rencana Anggaran Kantor.
  • Menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tuganya;
  • Menyusun rencana usulan kebutuhan anggaran keuangan;
  • Memeriksa/meneliti kelengkapan SPP-UP, SPP-GU, SPP-TU dan SPP-LS gaji dan tunjangan PNS serta penghasilan lainnya yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku;
  • Melaksanakan verifikasi SPP;
  • Melaksanakan sistem akutansi pengelolaan keuangan Badan;
  • Menyiapkan surat perintah membayar (SPM);
  • Melaksanakan verifikasi harian atas penerimaan;
  • Menyusun rekapitulasi penyerapan keuangan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan;
  • Menyusun neraca keuangan Badan;
  • Mengkoordinir dan meneliti anggaran perubahan Badan;
  • Menyusun laporan keuangan Badan;
  • Membuat pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi;
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan;
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sub Bagian Perencanaan Program


Sub Bagian Perencanaan Program mempunyai tugas:

  • Mengkoordinir pengumpulan bahan penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Indikator Kinerja Utama, Rencana Strategis, Rencana Kerja, Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kinerja dan Laporan Kinerja);
  • Menyusun dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Indikator Kinerja Utama, Rencana Strategis, Rencana Kerja, Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kinerja dan Laporan Kinerja);
  • Melaksanakan verifikasi internal usulan perencanaan program dan kegiatan;
  • Melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Badan;
  • Mengumpulkan data lintas bidang sebagai bahan dokumen dinas;
  • Mengoordinir laporan bulanan pelaksanaan kegiatan Badan;
  • Mengoordinir penyusunan RKA/DPA/DPPA Badan;
  • Menyusun laporan tahunan Badan;
  • Melaksanakan pengelolaan data dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan Badan;
  • Mengumpulkan dan menganalisa data hasil pelaksanaan program dan kegiatan Badan;
  • Membuat pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi;
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.